PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBILANG BAGI ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN MELALUI METODE PERMAINAN SNOWBALL THROWING DI KELAS I SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 SLEMAN

Ciptaningrum, Gesit (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBILANG BAGI ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN MELALUI METODE PERMAINAN SNOWBALL THROWING DI KELAS I SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 SLEMAN. S1 thesis, FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN.

[img] Text
11103244002_GESIT CIPTANINGRUM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membilang melalui metode snowball throwing pada anak tunagrahita kategori ringan kelas I di SLB Negeri 1 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu tiga anak tunagrahita kategori ringan kelas I di SLB Negeri 1 Sleman. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan membilang, observasi terhadap partisipasi siswa, dan dokumentasi sebagai data pelengkap. Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan membandingkan antara skor pra tindakan dan skor tes pasca tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode snowball throwing dapat meningkatkan kemampuan membilang pada anak tunagrahita kategori ringan kelas I di SLB Negeri 1 Sleman. Peningkatan pada ketiga subjek adalah Gr mengalami peningkatan 48%, Ga mengalami peningkatan 38 % danWw mengalami peningkatan 39% serta semua subjek sudah mencapai kriteria keberhasilan sebesar 70. Proses peningkatan tersebut dimulai siswa memilih kertas warna sebagai kode alat belajar, memasukkan kertas yang dipilih ke dalam bola, saling melempar bola selama 5 menit, dengan penuh inisiatif maju ke depan kelas untuk mengerjakan tugas yaitu menyebutkan secara urut satu sampai dengan sepuluh. Permainan dilanjutkan dengan mengambil dan mencocokkan kertas warna dengan kode pada alat belajar, menghitung alat belajar yang didapat, menuliskan simbol bilangan dan terakhir adalah menempelkan hasil belajar di papan yang sudah disediakan. Proses permainan snowball throwing ini dilakukan secara berulang dan pada setiap tahapan pembelajaran guru memberikan penguatan secara verbal.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 02 Jul 2015 13:50
Last Modified: 30 Jan 2019 00:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22149

Actions (login required)

View Item View Item