PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERMAIN TERHADAP KEMAMPUAN ORIENTASI DAN MOBILITAS PADA ANAK TUNANETRA KELAS I DI SLB A YAKETUNIS

Umayah, Herlin (2015) PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERMAIN TERHADAP KEMAMPUAN ORIENTASI DAN MOBILITAS PADA ANAK TUNANETRA KELAS I DI SLB A YAKETUNIS. S1 thesis, FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN.

[img] Text
11103241064_HERLIN UMAYAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan metode bermain terhadap kemampuan orientasi dan mobilitas pada anak tunanetra kelas I di SLB A Yaketunis Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yakni penelitian eksperimen desain riset subjek tunggal (Single Subject Research) dengan pendekatan kuantitatif. Jenis desain penelitian yang digunakan yaitu desain A1-BA2. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yakni metode tes dan observasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yakni analisis dalam kondisi dan antarkondisi dengan menggunakan metode split middle (belah tengah). Subjek penelitian ini adalah seorang siswa tunanetra kelas I dengan gangguan penglihatan total “blind” dan mengalami hambatan dalam kemampuan orientasi dan mobilitas di SLB A Yaketunis Yogyakarta. Objek penelitian ini berupa kemampuan melawat mandiri dalam penggunaan teknik trailing, menentukan arah (direction taking), upper hand dan lower hand. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode bermain berpengaruh positif terhadap kemampuan orientasi dan mobilitas pada anak tunanetra kelas I di SLB A Yaketunis. Hal ini dibuktikan dengan besarnya persentase overlap yang berada di bawah 90%. Analisis data antarkondisi pada hasil pelaksanaan tes menunjukkan persentase overlap 0% pada perbandingan fase Baseline (A1) dengan Intervensi (B), fase Intervensi (B) dengan Baseline (A2), dan fase Baseline (A1) dengan Baseline (A2). Analisis data antarkondisi pada hasil pencatatan durasi waktu menunjukkan persentase overlap 0% pada perbandingan fase Baseline (A1) dengan Intervensi (B), 50% pada perbandingan fase Intervensi (B) dan Baseline (A2), dan 0% pada perbandingan fase Baseline (A1) dengan Baseline (A2).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 02 Jul 2015 02:14
Last Modified: 30 Jan 2019 00:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22146

Actions (login required)

View Item View Item