KEEFEKTIFAN MEDIA GLOBE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI DAN BULAN BAGI SISWA TUNANETRA KELAS IVA SLB-A YAKETUNIS

Kiki Praditya, Nickita (2015) KEEFEKTIFAN MEDIA GLOBE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI DAN BULAN BAGI SISWA TUNANETRA KELAS IVA SLB-A YAKETUNIS. S1 thesis, FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN.

[img] Text
11103241046_NICKITA KIKI PRADITYA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media globe dalam pembelajaran IPA terhadap pemahaman konsep perubahan kenampakan bumi dan bulan bagi siswa tunanetra kelas IVA SLB-A Yaketunis. Jenis penelitian ini merupakan quasi eksperiment dengan menggunakan one group pre-test post-test design. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IVA SLBA Yaketunis yang berjumlah tiga siswa laki-laki yang mengalami buta total (total blind). Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik tes hasil belajar dan observasi. Analisis data yang digunakan yaitu statistik non-parametrik dengan Tes Tanda untuk tes hasil belajar. Hasil observasi dianalisis dengan deskriptif kuantitatif. Hasil analisis menggunakan tes tanda menunjukkan bahwa p hitung 0,031 lebih kecil dari p 0,05, sehingga dapat dikatakan bahwa media globe yang dimodifikasi pada bentuk bumi dibuat timbul, bentuk matahari bertekstur kasar dan bentuk bulan bertekstur kasar sesuai fase-fase bulan efektif terhadap pemahaman konsep perubahan kenampakan bumi dan bulan bagi siswa tunanetra kelas IVA SLB-A Yaketunis. Siswa mampu mendeskripsikan, menyebutkan, menjelaskan perubahan kenampakan bumi dan bulan selama proses pembelajaran menggunakan media globe (bentuk bumi, bulan dan matahari). Pembelajaran IPA menggunakan media globe yaitu siswa diminta meraba, membandingkan media globe, mendengarkan penjelasan dari guru pada setiap bagian bentuk bumi, matahari dan delapan fase bulan dan menceritakan kembali untuk mengaktifkan penggunaan dria pendengaran dan perabaan siswa tunanetra.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 02 Jul 2015 02:15
Last Modified: 30 Jan 2019 00:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22141

Actions (login required)

View Item View Item