PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA REPLIKA BANGUN DATAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN DATAR PADA SISWA TUNANETRA BUTA TOTAL KELAS 1 SEKOLAH DASAR (SD) DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI 1 BANTUL YOGYAKARTA

Juwita Susanti, Dewi (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA REPLIKA BANGUN DATAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN DATAR PADA SISWA TUNANETRA BUTA TOTAL KELAS 1 SEKOLAH DASAR (SD) DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI 1 BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN.

[img] Text
11103241037_DEWI JUWITA SUSANTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan media replika bangun datar terhadap kemampuan pemahaman konsep bangun datar anak tunanetra di SLB Negeri 1 Bantul Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen Single Subject Research (SSR) dengan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan adalah AB- A. Subjek penelitian yaitu seorang anak tunanetra buta total kelas I SD. Pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes pemahaman konsep bangun datar dan panduan observasi yang digunakan selama fase intervensi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dalam kondisi dan analisis antarkondisi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan ditampilkan dengan bentuk tabel serta grafik. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui kemampuan pemahaman konsep bangun datar subjek mengalami perubahan berupa frekuensi ketepatan bertambah dan durasi waktu pengerjaan berkurang dalam mengerjakan tes pemahaman konsep bangun datar pada fase baseline-1 (A), intervensi (B), dan baseline-2 (A’). Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan media replika bangun datar berpengaruh positif terhadap kemampuan pemahaman konsep bangun datar. Pengaruh yang diberikan terhadap kemampuan pemahaman konsep bangun datar tersebut ditunjukkan dengan bertambahnya frekuensi ketepatan pada fase intervensi dan baseline-2 serta menurunnya durasi waktu pengerjaan yang didukung dengan presentase overlap yang rendah yaitu pada frekuensi ketepatan 0% dan durasi waktu pengerjaan 33,3%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 02 Jul 2015 02:15
Last Modified: 30 Jan 2019 00:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22135

Actions (login required)

View Item View Item