EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE QUANTUM LEARNING DALAM PROSES PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA PRANCIS SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 PRAMBANAN KLATEN TAHUN AJARAN 2010/2011

Mamengko, Rullyana Puspitaningrum (2011) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE QUANTUM LEARNING DALAM PROSES PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA PRANCIS SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 PRAMBANAN KLATEN TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
Rullyana Puspitaningrum Mamengko 06204244009.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya perbedaan yang signifikan hasil belajar keterampilan menulis bahasa Prancis antara siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Prambanan Klaten yang diajar dengan menggunakan metode Quantum Learning dan yang diajar tanpa menggunakan metode Quantum Learning (2) efektivitas penerapan metode Quantum Learning dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Prancis siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Prambanan Klaten. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu quasi eksperimental dengan bentuk desain random pretest posttest design. Penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu: tahap pra eksperimen, tahap eksperimen, dan tahap pasca eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Prambanan Klaten dengan jumlah 110 siswa. Sedangkan sampelnya adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 38 siswa dan XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 36 siswa. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Reliabilitas instrumen diujikan di kelas XI IPA 3 dengan jumlah 36 siswa dan dianalisis dengan menggunakan rumus interrater reliability dengan hasil koefisien reliabilitas 0,9651 untuk pretest dan koefisien reliabilitas 0,8883 untuk posttest. Validitas yang digunakan adalah validitas isi. Sedangkan data penelitian dianalisis menggunakan uji-t dan gain score. Hasil penelitian menghasilkan (1) nilai thitung > ttabel yaitu 7,548 > 1,993 dengan db 72 pada taraf signifikansi 5%, hasil perhitungan tersebut menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan hasil belajar keterampilan menulis bahasa Prancis antara siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Prambanan Klaten yang diajar dengan menggunakan metode Quantum Learning dan yang diajar tanpa menggunakan metode Quantum Learning (2) perhitungan gain score, yaitu sebesar 0,472 (keefektifan sedang) yang berarti lebih efektif penerapan metode Quantum Learning dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Prancis siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Prambanan Klaten daripada tanpa penerapan metode Quantum Learning.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Perancis
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Perancis FBS
Date Deposited: 30 Jun 2015 06:58
Last Modified: 30 Dec 2020 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22123

Actions (login required)

View Item View Item