EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKNIK TEAMS-GAMES-TOURNAMENT (TGT) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA PRANCIS PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 BANTUL

Permanasari, Rizki Agustina (2013) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKNIK TEAMS-GAMES-TOURNAMENT (TGT) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA PRANCIS PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 BANTUL. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
Rizki Agustina Permanasari 06204244007.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada hasil belajar keterampilan menyimak bahasa Prancis antara kelompok siswa yang diajar menggunakan teknik TGT dengan kelompok siswa yang diajar tanpa menggunakan teknik TGT, (2) efektivitas penggunaan teknik TGT dalam pembelajaran keterampilan menyimak bahasa Prancis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Bantul. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan diperoleh kelas XI AP 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 orang siswa dan kelas XI AP 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 orang siswa. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi dan validitas konstruk, sedangkan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai t-hitung sebesar 2,058 lebih besar dari t-tabel dengan db = 31 dan taraf signifikansi sebesar 0,048. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada keterampilan menyimak bahasa Prancis antara siswa yang diajar dengan teknik TGT dengan siswa yang diajar tanpa teknik TGT. Peningkatan skor pada kelas eksperimen sebesar 3,69 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,96. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik TGT lebih efektif daripada teknik konvensional dalam pembelajaran keterampilan menyimak bahasa Prancis.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: TGT, menyimak, bahasa prancis
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Perancis
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Perancis FBS
Date Deposited: 30 Jun 2015 06:54
Last Modified: 30 Dec 2020 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22122

Actions (login required)

View Item View Item