PENYUSUNAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BAHASA PRANCIS SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER KELAS XI SMAN 8 YOGYAKARTA

Arsiyana, Marliza (2012) PENYUSUNAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BAHASA PRANCIS SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER KELAS XI SMAN 8 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
Marliza Arsiyana 08204241011.pdf

Download (39MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyusun LKS bahasa Prancis yang mengintegrasikan pendidikan karakter dan untuk mengetahui kualitas LKS dilihat dari aspek materi, aspek kebahasaan, aspek kegrafisan dan aspek pendidikan karakter berdasarkan penilaian ahli materi, bahasa, gerafika, dua guru bahasa Prancis dan siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Developpement yang mengadopsi model Dick & Carey. Tahap awal dari penelitian ini yaitu analisis kebutuhan yang bertujuan untuk merumuskan tujuan pembelajaran bahasa Prancis dan bahan ajar yang akan disusun. Penelitian dan pengembangan ini hanya dibatasi sampai pada uji coba terbatas. Instrumen Kualitas LKS berupa angket yang terdiri dari aspek kelengkapan dan keluasan materi, aspek kebahasaan, aspek kegrafisan dan aspek pendidikan karakter. LKS divalidasi oleh ahli materi dan bahasa dari dosen bahasa Prancis dan ahli gerafika sekaligus sebagai dosen pembimbing. Penilaian LKS dilakukan oleh dua orang guru dan 24 siswa kelas akselerasi SMAN 8 Yogyakarta. Data kualitas LKS diperoleh dengan menghitung skor rata-rata lalu mengubah menjadi nilai kualitatif sesuai kategori konversi ideal. Hasil penelitian pengembangan berupa LKS bahasa Prancis berbasis pendidikan karakter dengan tema les activités quotidiennes untuk siswa kelas XI CL (akselerasi) SMAN 8 Yogyakarta. Hasil penelitian adalah : (1) aspek kelayaan isi berdasarkan penilaian dari ahli materi, guru berkategori baik, (2) Aspek kegrafisan berdasarkan penilaian ahli gerafika berkategori baik, sedangkan menurut guru aspek kegrafisan LKS sangat baik, (3) Aspek pendidikan karakter menurut penilaian ahli bahasa dan materi serta ahli gerafika menunjukkan kategori baik sedangkan menurut guru aspek pendidikan karakter yang terkandung di dalam LKS berkategori sangat baik, (4) Respon siswa terhadap aspek materi dan kebahasaan berkategori baik, sedangkan aspek kegrafisan dan pendidikan karakter menunjukan kategori sangat baik, (5) Perubahan aspek kognitif siswa setelah menggunkan LKS didapatkan dari perhitungan antara selisih nilai pre-test dan post-test yaitu sebesar 21,9 . Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa LKS bahasa Prancis yang disusun layak digunakan sebagai alternatif bahan ajar bahasa Prancis yang mengintegrasikan pendidikan karakter di SMA.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, kegiatan sehari-hari dan bahan pembelajaran
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Perancis
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Perancis FBS
Date Deposited: 30 Jun 2015 06:35
Last Modified: 30 Dec 2020 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22117

Actions (login required)

View Item View Item