GAYA BAHASA DAN ASPEK PENCITRAAN IKLAN PERABOT BERAT LEKTRONIK RUMAH TANGGA PADA SITUS INTERNET

Dekoranita, Alisani (2013) GAYA BAHASA DAN ASPEK PENCITRAAN IKLAN PERABOT BERAT LEKTRONIK RUMAH TANGGA PADA SITUS INTERNET. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
Alisani Dekoranita 08204241012.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis gaya bahasa dan aspek pencitraan yang terdapat dalam iklan perabot berat elektronik rumah tangga pada situs internet. Subjek penelitian ini adalah slogan dan kalimat dalam iklan perabot berat elektronik rumah tangga. Data penelitian ini berupa slogan yang mengandung gaya bahasa dan kalimat-kalimat iklan yang mengandung aspek pencitraan dalam iklan perabot berat elektronik rumah tangga yang diperoleh dari situs internet tertentu tahun 2011-2012. Pengumpulan data menggunakan metode simak dengan teknik dasar teknik sadap kemudian dilanjutkan dengan teknik SBLC (Simak Bebas Libat Cakap) dan teknik catat. Peneliti menyadap kemudian mencatat slogan dan kalimat iklan kemudian diklasifikasikan pada tabel data. Untuk menganalisis gaya bahasa digunakan analisis komponensial, metode padan artikulatoris, metode agih dengan teknik perluas, teknik lesap, dan teknik ganti disesuaikan dengan karakter data. Sedangkan untuk menemukan aspek pencitraan digunakan metode padan referensial. Validitas yang digunakan adalah validitas semantis, reliabilitas data diperoleh dengan expert-judgment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tipe-tipe gaya bahasa dalam slogan iklan perabot berat elektronik rumah tangga terdiri atas 9 hiperbola, 9 metonimia, 3 personifikasi, 5 sinekdoke, 3 antitesis, 1 metafora, 3 asonansi, 1 aliterasi, 3 parisos, 3 elipsis, 3 apocope, 1 anafora, 1 silepsis, dan 1 mesodiplosis, (2) aspek pencitraan dalam kalimat iklan perabot berat elektronik rumah tangga terdiri atas 65 pencitraan karakteristik produk, 39 pencitraan harga dan mutu, 15 pencitraan kegunaan, 5 pencitraan pemakainya, dan 8 pencitraan simbol budaya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: gaya bahasa, pencitraan, iklan
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Perancis
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Perancis FBS
Date Deposited: 30 Jun 2015 05:01
Last Modified: 30 Dec 2020 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22091

Actions (login required)

View Item View Item