EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FOTO PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS DALAM BAHASA PRANCIS SISWA KELAS XI SMKN 1 SEWON

Julianto, Agung (2013) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FOTO PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS DALAM BAHASA PRANCIS SISWA KELAS XI SMKN 1 SEWON. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img] Text
Agung Julianto 07204244013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) perbedaan prestasi keterampilan menulis bahasa Prancis antara siswa yang diajar dengan media foto dan siswa yang diajar menggunakan media konvensional, 2) efektivitas penggunaan media pembelajaran yang menggunakan media foto dan media konvensional, dalam pengajaran keterampilan menulis bahasa Prancis siswa kelas XI SMKN 1 Sewon. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen, dengan desain penelitian The Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMKN1 SEWON yang berjumlah 34 anak pada kelompok eksperimen yaitu XI JB 1 dan 26 siswa pada kelompok kontrol yaitu XI Patiseri. Variabel independen adalah penggunaan media foto, sedangkan variabel dependen adalah keterampilan menulis bahasa Prancis. Untuk menentukan sampel, teknik yang digunakan Simple Random Sampling. Teknik analisis data menggunakan ujit sebelum dilakukan uji-t diberikan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian pada kelompok eksperimen diperoleh nilai t hitung (12,982) > t tabel (2.042). Pada kelompok kontrol diperoleh nilai t hitung (8.097) < t tabel (2.056). Sedangkan hasil perhitungan bobot keefektifan kelompok eksperimen sebesar 0,58 dan kelompok kontrol sebesar 0,20. Hasil tersebut diartikan efektivitas penggunaan media foto terhadap keterampilan menulis dalam mata pelajaran bahasa Prancis lebih baik dibandingkan pembelajaran menggunakan metode konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media foto, menulis bahasa prancis
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Perancis
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Perancis FBS
Date Deposited: 30 Jun 2015 04:58
Last Modified: 30 Dec 2020 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22090

Actions (login required)

View Item View Item