KEEFEKTIFAN TEKNIK DROPPED OBJECTS TERHADAP KEMANDIRIAN MENEMUKAN BENDA JATUH PADA ANAK TUNANETRA KELAS I DI SEKOLAH LUAR BIASA MA’ARIF BANTUL YOGYAKARTA

Ribowo, Gagad (2015) KEEFEKTIFAN TEKNIK DROPPED OBJECTS TERHADAP KEMANDIRIAN MENEMUKAN BENDA JATUH PADA ANAK TUNANETRA KELAS I DI SEKOLAH LUAR BIASA MA’ARIF BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN.

[img] Text
11103241034_GAGAD RIBOWO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektifan teknik dropped objects terhadap kemandirian menemukan benda jatuh pada anak tunanetra kelas I di SLB Maarif Bantul Yogyakarta. Penelitian yang dilaksanakan merupakan Single Subjects Research (SSR). Metode penelitian subjek tunggal yang digunakan yaitu desain A-B-A’. Subjek penelitian merupakan siswa tunanetra kelas I di SLB Ma’arif Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Komponen yang dianalisis yaitu analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik dropped objects efektif dalam meningkatkan kemandirian anak tunanetra kelas I di SLB Maarif Bantul Yogyakarta. Keefektifan ini ditandai dengan adanya peningkatan presentase keberhasilan subjek dalam melakukan tes mengambil benda jatuh pada fase intervensi dan Baseline II. Pada baseline I presentase keberhasilan subjek berada dibawah kriteria ketuntasan minimal sebesar 70%. Adanya perlakuan pada fase intervensi terbukti dapat meningkatkan presentase keberhasilan subjek di atas 70%, yaitu pada rentang 69% sampai 88%. Pengukuran kembali pada fase baseline II juga menunjukan presentase keberhasilan berada pada rentang 76-85%. Hasil analisis data pada analisis dalam kondisi terdapat kecenderungan arah yang meningkat pada fase intervensi dan baseline 2. Pada perubahan level menunjukkan perubahan yang membaik pada fase intervensi (+19) dan baseline II (+9). Analisis antar kondisi pada komponen perubahan level menunjukkan perbaikan di fase intervensi dan baseline II dibandingkan dengan baseline I. Perubahan level fase intervensi dibandingkan fase baseline I yaitu (+15), sedangkan perubahan level baseline II dibandingkan baseline I yaitu (+22).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 02 Jul 2015 02:00
Last Modified: 30 Jan 2019 00:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22064

Actions (login required)

View Item View Item