UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA MELALUI KEGIATAN OUTBOND PADA ANAK KELOMPOK B DI TK PKK 74 SERUT SENDANGSARI PAJANGAN BANTUL

Irvanda Meva, Distiara (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA MELALUI KEGIATAN OUTBOND PADA ANAK KELOMPOK B DI TK PKK 74 SERUT SENDANGSARI PAJANGAN BANTUL. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
skrip irvan.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerjasama melalui kegiatan outbond pada anak Kelompok BTK PKK 74 Serut, Sendangsari, Pajangan, Bantul. Kegiatan outbondyang digunakan yaitu estafet bendera, kereta balon, dan jaring laba – laba. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau PTK menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilakukan 2 siklus dengan tema alat komunikasi. Subjek penelitian ini adalah 23 anak Kelompok B TK PKK 74 Serut, Sendangsari, Pajangan, Bantulyang terdiri dari 14 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi. Teknik analisa data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kerjasama meningkat setelah adanya tindakan melalui kegiatanoutbond. Dari data kegiatan Pratindakan menunjukkan persentase kemampuan kerjasama secara keseluruhan adalah 40,21%. Pada siklus I persentase kemampuan kerjasama meningkat menjadi 58,69%. Pada Siklus II kemampuan kerjasama kembali mengalami peningkatan menjadi 93,47%. Dapat dikatakan bahwa penelitian ini berhasil karena persentase sudah mencapai angka yang ditentukan, yakni 80%. Adapun langkah-langkah yang ditempuh dalam kegiatan outbond yaitu (1) guru mempersiapkan alat dan bahan kegiatan outbond (2) guru memperkenalkan alat dan bahan (3) guru dan anak membentuk kelompok (4) guru menjelaskan secara rinci jalannya kegiatan (5) guru mencontohkan kegiatan outbond, (6) anak melakukan kegiatan outbond sesuai yang dicontohkan, (7) setelah kegiatan outbondusai, guru membagikan reward di akhir kegiatan untuk memotivasi anak. Kata kunci: kemampuan kerjasama, kegiatan outbond.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 02 Jul 2015 01:37
Last Modified: 30 Jan 2019 00:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22058

Actions (login required)

View Item View Item