Pengaruh Prestasi Belajar, Pengembangan Karir dan Aktualisasi Diri Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi Siswa SMK di Kota Yogyakarta

Abid, Wildani (2015) Pengaruh Prestasi Belajar, Pengembangan Karir dan Aktualisasi Diri Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi Siswa SMK di Kota Yogyakarta. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
ABID WILDANI - 05501241001.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Prestasi Belajar, Pengembangan Karir dan Aktualisasi Diri Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi Siswa SMK di Kota Yogyakarta Oleh: Abid Wildani NIM. 05501241001 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh prestasi belajar, pengembangan karir, dan aktualisasi diri terhadap minat siswa SMK di kota Yogyakarta untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian expost facto, dan merupakan penelitian asosiatif bila dilihat dari tingkat kejelasannya (level of explanation) Data yang diperoleh berupa data interval dan rasio,sehingga teknik statistik yang digunakan adalah teknik statistik inferensial parametris. Penelitian ini menggunakan dua macam variabel, 1) Variabel Bebas, yaitu: Prestasi Belajar (X1), Pengembangan Karir (X2), Aktualisasi Diri (X3); 2) Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi Siswa SMK di kota Yogyakarta (Y) sebagai variabel terikatnya. Teknik pengambilan datanya menggunakan kuesioneruntuk mengumpulkan data dari variabel X2, X3, dan Y. sedangkan untuk variabel X1 pengumpulan datanya menggunakan teknik dokumentasi data prestasi belajar siswa (responden). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3 di SMKN2 Yogyakarta, SMKN3 Yogyakarta, SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dan SMK PIRI 1 Yogyakarta yang seluruhnya berjumlah 97 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis korelasi product moment dan analisis regresi ganda dengan tiga prediktor. Pengujian hipotesis dengan tingkat signifikansi (α) sebesar 0,05, dk = 95 dan uji dilakukan dengan satu sisi, menunjukan bahwa ; 1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara prestasi belajar terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, dengan kontribusi sebesar 23,43% dan sisanya 76,57% ditentukan oleh variabel lain ; 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pengembangan karir terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, dengan kontribusi sebesar 15,92% dan sisanya 84,08% ditentukan oleh variabel lain ; 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara aktualisasi diri terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, dengan kontribusi 30,8% dan sisanya 69,12% ditentukan oleh variabel lain ; 4) F hitung lebih besar dari pada F tabel atau 17,990 > 2,707 yeng berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel prestasi belajar, pengembangan karir dan aktualisasi diri secara simultan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi siswa SMK di kota Yogyakarta, dengan kontribusi sebesar 36,7% sedangkan sisanya atau sebasar 63,3% dipengaruhi oleh Variabel lain. Kata kunci: Prestasi belajar, pengembangan karir, aktualisasi diri, minat melanjutkan pendidikan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 30 Jun 2015 03:10
Last Modified: 30 Jan 2019 00:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22047

Actions (login required)

View Item View Item