Yanri Kusma, Wijaya (2013) PENGARUH MEDIA FILM “NAGABONAR JADI 2” TERHADAP PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMBELAJARAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB I.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB II.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB III.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (15MB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB IV.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB V_docx.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
8. LAMPIRAN.pdf Download (173kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara pembelajaran PKn menggunakan media film “Nagabonar Jadi 2” dengan pembelajaran konvesional yang tidak menggunakan media film “Nagabonar Jadi 2” pada siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Banguntapan sebanyak 7 Kelas ( 191 siswa). Adapun desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest posttest Eqiuvalent Group Design. Pengambilan sample dilakukan dengan teknik random sampling. Dan ditetapkan kelas X1 sebagai kelas eksperiment, sedangkan kelas X sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data minat belajar menggunakan teknik angket, sedangkan pengumpulan data prestasi menggunakan teknik test prestasi belajar. Untuk menguji validitas instrument digunakan rumus product moment, sedangkan reabilitasnya diuji dengan rumus koefisien Alpha. Selanjutnya pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis statistik uji t. Hasil penelitian nenunjukkan bahwa penggunaan media film sangat efektif menumbuhkan minat siswa dalam belajar Berdasarkan hasil uji t didapatkan bahwa nilai t hitung pada minat sebesar 86,913 dengan nilai taraf signifikan < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan minat yang signifikan antara kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol. Atau dengan kata lain ada pengaruh antara pembelajaran menggunakan media film “Nagabonar Jadi 2” terhadap peningkatan minat belajar siswa. Hasil nilai t hitung pada prestasi belajar sebesar 7,667 dengan nilai taraf signifikan < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan prestasi yang siginifikan antara kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol. Atau dengan kata lain ada pengaruh antara pembelajaran menggunakan media film “Nagabonar Jadi 2” terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Kata Kunci : media film, nagabonar jadi 2, minat belajar PKn, prestasi belajar PKn 2
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum |
Depositing User: | Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS |
Date Deposited: | 01 Jul 2015 00:43 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 00:22 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22035 |
Actions (login required)
View Item |