PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CD INTERAKTIF TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 TEMANGGUNG

Maulida Amalia, Hayati (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CD INTERAKTIF TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 TEMANGGUNG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB 1.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB 2.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.BAB 3.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB 4.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB 5.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pembelajaran PKn menggunakan media CD interaktif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Temanggung sebanyak 6 kelas yang berjumlah 195 siswa. Adapun desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretestposttest control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dan ditetapkan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data minat belajar menggunakan teknik angket, sedangkan pengumpulan data hasil belajar menggunakan teknik tes hasil belajar. Untuk menguji validitas instrumen digunakan rumus product moment, sedangkan reliabilitas instrument hasil belajar diuji dengan menggunakan rumus K-R 20 dan reliabilitas instrument minat belajar diuji dengan menggunakan rumus Alpha’s Cronbach.Alpha’s Cronbach. Selanjutnya pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis statistik uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media CD interaktif berpengaruh sangat signifikan terhadap minat belajar siswa. Hasil analisis uji t menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 2,874 dan probabilitas sebesar 0,006 lebih kecil dari 5%, sedangkan t table (df=63) 5% sebesar 2,000 dan 1% sebesar 2,660 maka t hitung > t tabel (2,874>2,000) dan (2,874>2,660). Sedangkan pada hasil belajar siswa, nilai t hitung sebesar 8,326 dan probabilitas sebesar 0,000 lebih kecil dari 5%, sedangkan t table (df=63) sebesar 1,998 maka t hitung > t tabel (8,326>2000) dan (8,326>2,660). Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan. Kata Kunci : CD interaktif, Minat Belajar PKn, Hasil Belajar PKn

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 01 Jul 2015 00:38
Last Modified: 30 Jan 2019 00:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22027

Actions (login required)

View Item View Item