Opini Mahasiswa UNY Terhadap Kampanye Politik di Media Televisi Pada Pemilihan Umum Presiden Tahun 2014

Kristanti, Meliana (2015) Opini Mahasiswa UNY Terhadap Kampanye Politik di Media Televisi Pada Pemilihan Umum Presiden Tahun 2014. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Meliana Kristanti 11417144018.swf - Accepted Version

Download (8MB)
Official URL: http://library.fis.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui opini mahasiswa UNY terhadap kampanye politik di media televisi pada pemilihan umum presiden tahun 2014. Desain penelitian yang dipakai adalah penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian adalah mahasiswa UNY dengan karakteristik tertentu yaitu mempunyai pengalaman berpolitik, aktif dalam organisasi dan berasal dari daerah asal dan jurusan yang beragam. Instrumen penelitian adalah peneliti dengan menggunakan alat bantu pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Analisis data penelitian menggunakan empat tahap yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan terdapat tiga opini mahasiswa UNY terhadap kampanye politik di berbagai jenis kampanye di media televisi. Tiga opini tersebut yaitu positif, netral dan negatif. (1) Kampanye Politik di Iklan Politik, terdapat lebih banyak opini negatif karena iklan yang disiarkan telah melanggar pengaturan penyiaran iklan politik yang seharusnya ditayangkan sehari 10 kali penayangan.(2) Kampanye Politik di Program Berita, terdapat lebih banyak opini negatif karena program berita yang ditayangkan melebih-lebihkan salah satu capres dan menjelek-jelekan capres lain.(3) Kampanye Politik di Talkshow, terdapat lebih banyak opini positif, karena dalam pembawa acara talkshow menggali lebih dalam sehingga informasi yang diperoleh dapat menjadi referensi dalam memilih. (4) Kampanye Politik di Debat Presiden, terdapat lebih banyak opini negatif, karena melalui debat presiden, kedua capres dan cawapres hanyalah menampilkan pembentukan gesture, kebanyakan visi dan misi yang disampaikan hanya janji tanpa bukti nyata.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Administrasi Publik
Depositing User: Admin Administrasi Negara FIS
Date Deposited: 29 Jun 2015 04:55
Last Modified: 30 Jan 2019 00:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21915

Actions (login required)

View Item View Item