POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP ANAK DALAM KELUARGA PADA BIDANG PENDIDIKAN DI DUSUN PANDANAN DESA PANDANAN KECAMATAN WONOSARI KABUPATEN KLATEN

Alfiana, Ester (2013) POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP ANAK DALAM KELUARGA PADA BIDANG PENDIDIKAN DI DUSUN PANDANAN DESA PANDANAN KECAMATAN WONOSARI KABUPATEN KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
halaman depan.pdf

Download (20MB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (15MB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKASAN SKRIPsi.pdf

Download (206kB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah hak hidup setiap manusia. Orang tua adalah pendidik sejati, sehingga orang tua seharusnya mendidik ada terutama ketika di rumah. Dewasa ini banyak orang tua yang bekerja sehingga mereka tidak punya cukup waktu untuk mendidik anak. Fokus pada penelitian ini adalah pola asuh apa saja yang diterapkan oleh orang tua yang bekerja kepada anak-anaknya terkait dengan pendidikan anak selama di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh yang diterapkan oleh orang tua terhadap anak dalam keluarga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Pemilihan informan dalam penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling. Informan penelitian ini adalah masyarakat Dukuh Pandanan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data penelitian dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif model interaktif sebagaimana diajukan oleh Miles dan Huberman, yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh yang diterapkan di keluarga yang orang tua bekerja dalam bidang pendidikan di Dukuh Pandanan, Desa Pandanan,Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten adalah perpaduan antara otoriter dan demokratis. Pola asuh otoriter ditandai dengan adanya peraturanperaturan mutlak dari orang tua yang tidak bisa dibantah oleh anak khususnya dalam pemilihan sekolah untuk anak usia 6-12 tahun. Pola asuh demokratis diterapkan pada anak usia 12-15 tahun ditandai dengan diberikannya kesempatan kepada anak untuk memilih apa yang menjadi keinginannya dalam hal ini memilih sekolah yang diinginkan. Orang tua menggunakan waktu selama di rumah untuk memperhatikan segala kebutuhan anak mulai dari jam belajar, waktu berkumpul dan fasilitas belajar. Kata Kunci : Pola Asuh, Orang Tua, Keluarga, Dusun Pandanan, Kecamatan Wonosari, Klaten

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 29 Jun 2015 08:17
Last Modified: 29 Jun 2015 08:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21893

Actions (login required)

View Item View Item