PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI SUMBER BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN IPS UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Tomy Miftah, Rizky (2014) PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI SUMBER BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN IPS UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
1 HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 BAB I.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 BAB II.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 BAB III.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 BAB IV.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 BAB V.pdf

Download (31kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan teknologi informasi sebagai sumber belajar mahasiswa Pendidikan IPS Universitas Negeri Yogyakarta. Pemanfaatan tersebut terbagi ke dalam tiga jenis yakni pemanfaatan TI sebagai sumber ilmu pengetahuan dalam pembelajaran, TI sebagai media dalam pembelajaran dalam pembelajaran dan TI sebagai metode dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Studi Eksplorasi dengan populasi seluruh mahasiswa Program Studi pendidikan IPS UNY angkatan 2010 sampai dengan 2012 yang berjumlah 149 mahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proportional stratified random sampling sedangkan perhitungan pengambilan sampel berdasarkan monogram Harry King. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus alpha cronbach. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 (tiga) pemanfaatan TI sebagai sumber belajar mahasiswa pendidikan IPS yaitu: (a) TI sebagai sumber ilmu pengetahuan dalam pembelajaran 34,2%, mahasiswa PIPS dinilai cukup memanfaatkan TI untuk mengakses referensi, mencari bahan-bahan, dan untuk memperoleh contoh. (b) TI sebagai media dalam pembelajaran 35,4%, mahasiswa dinilai sangat baik memanfaatkan TI dalam menggunakan animasi dan aplikasi komputer untuk mempermudah proses belajar. (c) TI sebagai teknik/metode 30,4%, mahasiswa dinilai kurang memanfaatkan TI untuk metode action learning (simulasi dengan komputer, belajar melalui game dan melalui e-learning). Pemanfaatan TI sebagai sumber belajar yang pemanfaatanya sangat baik adalah TI sebagai media dalam pembelajaran (35,4%), sedangkan yang pemanfaatannya kurang yaitu TI sebagai metode dalam pembelajaran 30,4%).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 29 Jun 2015 08:17
Last Modified: 30 Jan 2019 00:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21890

Actions (login required)

View Item View Item