IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NUMBER HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII A SMP NEGERI 3 BERBAH

Ratih Kumara, Sulistyawati (2012) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NUMBER HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII A SMP NEGERI 3 BERBAH. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar standar kompetensi Kegiatan Ekonomi Masyarakat pada siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Berbah Kabupaten Sleman tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan,refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP N 3 Berbah yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan pengamatan dari guru kolaborator dan teman sejawat dengan pedoman lembar observasi, angket, dokumentasi, catatan lapangan dan tes hasil belajar. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi metode. Penelitian ini menggunakan dua bentuk analisis data yaitu teknik analisis Kuantitatif yang mencakup penggolongan/ kategorisasi untuk aktivitas pembelajaran dan teknik kualitatif, dengan cara reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Number Heads Together mampu meningkatkan pembelajaran dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas pembelajaran siswa dikelas yang diambil datanya berdasarkan angket pada siklus I pada kategori tinggi sebesar 58,33% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 63,89% pada kategori tinggi dan 16,67% pada kategori sangat tinggi. Peningkat aktivitas pembelajaran siswa diikuti peningkatan penguasaan siswa terhadap pembelajaran dengan ditunjukkan pada hasil posttest pada akhir siklus. Siklus I jumlah siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 sebanyak 25 siswa atau 69,44%. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 24,45% yaitu 88,89% atau sebanyak 32 siswa yang telah memperoleh nilai ≥ 70.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 29 Jun 2015 08:17
Last Modified: 30 Jan 2019 00:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21884

Actions (login required)

View Item View Item