UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN MEDIA SLIDE POWERPOINT PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII A SMP NEGERI 3 SLEMAN

Dendi, Tri Suarno (2012) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN MEDIA SLIDE POWERPOINT PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII A SMP NEGERI 3 SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (34MB) | Preview

Abstract

Motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VII A di SMP Negeri 3 Sleman masih rendah. Hal tersebut disebabkan oleh faktor seperti sarana prasana di sekolah dan proses pembelajaran yang belum optimal. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya perbaikan dalam pembelajaran IPS salah satunya dengan penggunaan media slide PowerPoint. Media slide PowerPoint belum optimal diterapkan dalam pembelajaran, sehingga menarik untuk dijadikan sebagai bahan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media slide PowerPoint dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII A SMP Negeri 3 Sleman. Penelitian ini adalah penelitian CAR (Classroom Action Research) yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sumber data dari penelitian ini siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Sleman. Adapun dalam pengambilan data melalui observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan tes. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi metode. Penelitian ini menggunakan dua bentuk analisis data yaitu analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan media slide PowerPoint dapat meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas VII A di SMP Negeri 3 Sleman. Hal tersebut terlihat dari peningkatan motivasi berdasarkan hasil angket yang terjadi pada setiap siklusnya. Pada siklus I rata-rata motivasi kelas sebelum tindakan adalah 69,2%, sesudah tindakan rata-rata motivasi kelas adalah 72,4% atau mengalami peningkatan sebesar 3,2%. Pada siklus II ratarata motivasi kelas sebelum tindakan adalah 72,2%, sesudah tindakan rata-rata motivasi kelas adalah 77,9% atau mengalami peningkatan sebesar 5,7%. Pada siklus III motivasi kelas sebelum tindakan adalah 76,4%, sesudah tindakan rata-rata motivasi kelas adalah 79,7% atau mengalami peningkatan sebesar 3,3%. Penggunaan media pembelajaran ini juga dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata tes yang terjadi pada setiap siklusnya. Pada siklus I rata-rata nilai siswa dari 52,9 menjadi 66 atau meningkat sebesar 13,1 poin. Pada siklus II rata-rata nilai siswa dari 58,9 menjadi 77,2 atau meningkat sebesar 18,3 poin. Pada siklus III, rata-rata nilai siswa dari 62,5 menjadi 80,6 atau meningkat sebesar 18,1 poin. Dengan demikian, penerapan media slide PowerPoint dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII A SMP Negeri 3 Sleman. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Media Slide PowerPoint. vii

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 29 Jun 2015 08:17
Last Modified: 30 Jan 2019 00:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21878

Actions (login required)

View Item View Item