PENINGKATAN KOMPETENSI MEMBUAT POLA BUSANA ANAK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG BERBANTUAN MEDIA MACROMEDIA FLASH DI SMK YPE SAWUNGGALIH KUTOARJO

Irawati, Juni (2015) PENINGKATAN KOMPETENSI MEMBUAT POLA BUSANA ANAK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG BERBANTUAN MEDIA MACROMEDIA FLASH DI SMK YPE SAWUNGGALIH KUTOARJO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI JUNI IRAWATI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pelaksanaan model pembelajaran langsung berbantuan media macromedia flash pada mata pelajaran membuat pola di SMK Sawunggalih Kutoarjo 2) Mengetahui peningkatan kompetensi siswa membuat pola busana anak menggunakan model pembelajaran langsung berbantuan macromedia flash di SMK Sawunggalih Kutoarjo.3) Mengetahui pendapat siswa tentang model pembelajaran langsung berbantuan macromedia flash di SMK Sawunggalih Kutoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X busana butik di SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan: (1) Lembar observasi (2) penilaian unjuk kerja (3) Post Test dan.(4) Angket. Uji validitas dan reabilitas instrumen lembar observasi, angket, post test menggunakan validitas konstruk dengan meminta pertimbangan kedua ahli (Jugment Expert) dan uji reabilitas menggunakan Alpha Cronbach.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan:1) Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan menggunakan lembar observasi, ada peningkatan pelaksanaan pembelajaran sebesar 16.00 yaitu pada siklus pertama diperoleh rata-rata sebesar 69% dalam kategori pelaksanaan pembelajaran terlaksana dengan baik, dan pada siklus II diperoleh rata-rata sebesar 86% dalam kategori pelaksanaan pembelajaran terlaksana dengan sangat baik. 2) Pencapaian kompetensi membuat pola busana bebe anak menggunakan model Pembelajaran langsung berbantuan media macromedia flash di SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo ada peningkatan kompetensi pada setiap siklusnya, pada tahapan pra siklus dari 25 siswa, terdapat 14 siswa (56%) sudah mencapai nilai KKM, siklus pertama kompetensi meningkat menjadi 88 % kemudian siklus kedua kompetensi siswa mengalami peningkatan menjadi 100% peningkatan kompetensi dari pra siklus ke siklus yaitu: 44%. 3) Siswa merasa sangat senang dengan pembelajaran pembelajaran langsung berbantuan media macromedia flash dengan hasil 92.% (23 siswa) termasuk dalam kategori sangat senang, dan 8% (2 siswa) atau siswa termasuk dalam kategori senang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pola busana anak, pembelajaran langsung, macromedia flash
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 29 Jun 2015 02:50
Last Modified: 11 Oct 2019 00:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21854

Actions (login required)

View Item View Item