Rian, Saputro (2014) SIKAP MAHASISWA PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TERHADAP PEMANFAATAN LABORATORIUM OUTDOOR IPS DI DESA BOKOHARJO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (27kB) | Preview |
Abstract
Laboratorium outdoor IPS di Desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman merupakan salah satu fasilitas pendukung perkuliahan yang dimiliki oleh Jurusan P. IPS FIS UNY. Laboratorium outdoor IPS ini dianggap belum dimanfaatkan dengan maksimal oleh mahasiswa P.IPS FIS UNY karena berdasarkan observasi yang telah dilakukan membuktikan bahwa sebagian besar mahasiswa hanya sekali mengunjungi laboratorium tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap mahasiswa Pendidikan IPS terhadap pemanfaatan laboratorium outdoor IPS di Desa Bokoharjo sebagai : (1)sumber belajar, (2)kegiatan ilmiah mahasiswa, (3) meningkatkan kompetensi profesional calon guru IPS. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa P.IPS FIS UNY. Pemilihan sampel menggunakan teknik proportionale stratified random sampling, yaitu mahasiswa angkatan 2010 dan 2011. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas angket menggunakan Cronbach’s Alpha. Data hasil penelitian dianalisis dengan analisis deskriptif dengan persentase. Secara keseluruhan sikap mahasiswa pendidikan IPS terhadap pemanfaatan laboratorium outdoor IPS di Desa Bokoharjo adalah sangat positif, artinya mahasiswa pendidikan IPS merespon pemanfaatan laboratorium outdoor IPS dengan penilaian yang sangat baik. Jika dijabarkan berdasarkan komponen sikap dan komponen objek sikap maka kategori sikap mahasiswa pendidikan IPS terhadap pemanfaatan laboratoium outdoor IPS di Desa Bokoharjo adalah sebagai berikut: (1) sebagai sumber belajar dari aspek kognitif 97% sangat postif, dari aspek afektif 72,4% sangat positif, dari aspek konatif 79% sangat positif; (2)untuk kegiatan ilmiah dari aspek kognitif 96% sangat positif, dari aspek afektif 49,5% sangat positif, dari aspek konatif 84% sangat positif; (3) untuk meningkatkan kompetensi profesional calon guru IPS dari aspek kognitif 97% sangat positif, dari aspek afektif 99% sangat positif, dari aspek konatif 99% sangat positif. Kata kunci: Sikap, IPS, Laboratorium outdoor.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Admin Pendidikan IPS FIS |
Date Deposited: | 29 Jun 2015 08:11 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 00:17 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21850 |
Actions (login required)
View Item |