ANALISIS WACANA PADA IKLAN KRIM PERAWATAN TUBUH DALAM MAJALAH ELLE TAHUN 2012 (ANALISIS MIKROSTRUKTURAL DAN MAKROSTRUKTURAL)

Ujiningtyas, Tiarasasti (2013) ANALISIS WACANA PADA IKLAN KRIM PERAWATAN TUBUH DALAM MAJALAH ELLE TAHUN 2012 (ANALISIS MIKROSTRUKTURAL DAN MAKROSTRUKTURAL). S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
Tiarasasti Ujiningtyas 07204241016.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) wujud penanda kohesi, (2) wujud penanda koherensi, dan (3) konteks yang terkandung pada iklan krim perawatan tubuh dalam majalah Elle tahun 2012. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah kalimat dalam iklan krim perawatan tubuh yang diperoleh dari majalah Elle tahun 2012. Data diperoleh dengan metode simak dan teknik simak bebas libat cakap. Metode agih digunakan untuk menganalisis penanda kohesi dan koherensi. Komponen tutur (PARLANT) digunakan untuk menganalisis konteks. Uji validitas yang digunakan adalah validitas semantis. Reliabilitas yang digunakan adalah pembacaan berulang-ulang, diskusi dengan teman, dan dosen pembimbing sebagai expert-judgement. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam majalah Elle tahun 2012 terdapat penanda kohesi dan koherensi yang bervariasi pada wacana iklan krim perawatan tubuh. Berdasarkan analisis mikrostruktural, pada iklan Elizabeth Arden, ditemukan referensi (1), elipsis (1), konjungsi (4), kolokasi (2), hubungan perbandingan (1), dan hubungan aditif (2). Iklan Estée Lauder, ditemukan referensi (3), konjungsi (1), dan hubungan aditif (1). Iklan Lierac, ditemukan referensi (1), konjungsi (2), hubungan sebab (1), dan hubungan aditif (1). Iklan Sephora, referensi (1), konjungsi (7), hubungan sebab (1), dan hubungan tujuan (1), dan hubungan syarat (1). Berdasarkan analisis makrostruktural, konteks wacana di analisis dengan komponen tutur. Iklan Elizabeth Arden, Estée Lauder, Lierac, dan Sephora merupakan produk krim perawatan tubuh. Iklan tersebut diambil dari majalah wanita Elle tahun 2012 edisi No 3472 dan No 3473. Produk ini merupakan krim untuk mengurangi tanda-tanda penuaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: analisis wacana, iklan, elle
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Perancis
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Perancis FBS
Date Deposited: 29 Jun 2015 02:17
Last Modified: 30 Dec 2020 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21834

Actions (login required)

View Item View Item