SIMULASI REALITAS MELALUI APLIKASI INSTANT MESSENGER DAN MEDIA SOSIAL DI SMARTPHONE (Studi Komunikasi Virtual Mahasiswa Pengguna Smartphone di Kota Magelang)

Abadi, Tegar Firman (2013) SIMULASI REALITAS MELALUI APLIKASI INSTANT MESSENGER DAN MEDIA SOSIAL DI SMARTPHONE (Studi Komunikasi Virtual Mahasiswa Pengguna Smartphone di Kota Magelang). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
Halaman Depan.pdf

Download (987kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran .pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ringkasan.pdf

Download (378kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berfokus pada simulasi realitas yang terjadi pada mahasiswa di kota Magelang dalam menggunakan aplikasi instant messenger (IM) dan media sosial di perangkat smartphone. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan simulasi realitas dan mendeskripsikan dampak dari penggunaan aplikasi IM dan media sosial di smartphone pada mahasiswa kota Magelang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara yang didukung oleh data hasil dokumentasi. Subyek penelitian adalah mahasiswa kota Magelang pengguna aplikasi IM dan media sosial di smartphone. Teknik sampling yang digunaan dalam penelitian ini adalah snowball sampling dan purposive sampling. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah secara interaktif melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan aplikasi IM dan media sosial di smartphone, mahasiswa kota Magelang dapat berinteraksi dengan yang lainnya meskipun tidak dalam satu ruang yang sama. Dalam hal ini mahasiswa berinteraksi di ruang virtual dimana simulasi realitas berlangsung. Dalam ruang tersebut mahasiswa melakukan berbagai aktivitas seperti, berkomunikasi, mencari informasi, membagi informasi, menjalin pertemanan,, mencurahkan perasaan, silaturahmi, dan berbisnis online shop. Melalui aplikasi dari smartphone mahasiswa kota Magelang dapat menjalankan aktivitas tersebut secara simultan, meskipun di dunia nyata mereka mengerjakan hal yang lain. Portabilitas dari smartphone dan fitur yang canggih dari aplikasi IM dan media sosial, membuat mahasiswa kota Magelang dapat terhubung dengan dunia virtual kapan saja dan dimana saja. Dampak positif dari penggunaan aplikasi tersebut adalah, mahasiswa memiliki banyak teman, interaksi menjadi lancar, mudah dalam mendapatkan keuntungan dari bisnis online shop,namun di sisi lain dampak negatifnya adalah adanya, keterasingan diri, dan dapat memisahkan relasi sosial di dunia nyata. Kata kunci: Komunikasi, Mahasiswa Kota Magelang, Aplikasi Smartphone, Dunia Virtual, Simulasi Realitas, Komunikasi Virtual

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 29 Jun 2015 08:05
Last Modified: 25 Aug 2016 02:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21833

Actions (login required)

View Item View Item