PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK TUNARUNGU KELAS IV DI SLB BHAKTI KENCANA BERBAH

Marganingrum, Inike (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK TUNARUNGU KELAS IV DI SLB BHAKTI KENCANA BERBAH. S1 thesis, FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
Text
11103241033_INEKE MARGANINGRUM.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca pemahaman anak tunarungu kelas IV di SLB Bhakti Kencana Berbah melalui penerapan metode bermain peran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek yang digunakan dalam penelitian yaitu anak tunarungu kelas IV SLB Bhakti Kencana berjumlah 2 orang. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan membaca pemahaman, observasi proses pembelajaran menggunakan metode bermain peran, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan penyajian data berupa tabel dan grafik. Permainan peran yang dilakukan terdiri dari 3 tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Pada siklus II tindakannya hampir sama dengan siklus I, hanya saja permainan peran dimodifikasi dengan setiap siswa saling bertukar peranan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca pemahaman anak tunarungu melalui metode bermain peran. Pada tes awal, subjek HA memperoleh nilai 38,75 dengan kriteria tidak mampu meningkat menjadi 60 dengan kriteria cukup mampu pada tes pasca tindakan siklus I dan meningkat menjadi 81,25 dengan kriteria mampu sekali pada tes pasca tindakan siklus II. Subjek MM memperoleh nilai 22,5 dengan kriteria tidak mampu meningkat menjadi 55 dengan kriteria kurang mampu pada tes pasca tindakan siklus I dan meningkat kembali menjadi 72,5 dengan kriteria mampu pada tes pasca tindakan siklus II. Peningkatan nilai yang diperoleh subjek HA berawal dari kriteria tidak mampu menjadi mampu sekali. Sementara peningkatan nilai yang diperoleh subjek MM berawal dari kriteria tidak mampu menjadi mampu. Kesimpulan akhir adalah melalui penerapan metode bermain peran kemampuan membaca pemahaman anak tunarungu meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 29 Jun 2015 08:05
Last Modified: 30 Jan 2019 00:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21831

Actions (login required)

View Item View Item