ANALISIS MIKROSTRUKTURAL DAN MAKROSTRUKTURAL PADA SERI IKLAN “KIRI”

Yuliarni, Roseyta Age (2013) ANALISIS MIKROSTRUKTURAL DAN MAKROSTRUKTURAL PADA SERI IKLAN “KIRI”. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
Roseyta Age Yuliarni 07204241033.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek-aspek mikrostruktural dan aspek-aspek makrostruktural pada seri iklan Kiri. Sumber data dalam penelitian ini adalah empat iklan Kiri diunduh melalui situs www.youtube.com yaitu (1) Kiri ‘Marriage’ tahun 2006, (2) ‘Kiri Goûter dan Kiri Golo’ tahun 2010, (3) Kiri ‘Plus Tard’ tahun 2009, dan (4) Kiri ‘Ma-roc Pub’ tahun 2010. Subjek dalam penelitian ini adalah semua aspek verbal dan nonverbal yang terdapat dalam keempat seri iklan Kiri. Objek penelitian ini berupa aspek verbal yaitu kata, frasa, kalimat yang merupakan unsur-unsur mikrostruktural, dan aspek nonverbal meliputi gambar, suara, gerak, dan ikonisitas yang termasuk dalam aspek makrostruktural. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak bebas libat cakap. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode agih untuk menganalisis aspek mikrostruktural. Metode padan referensial untuk menganalisis aspek makrostruktural. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas semantik-kontekstual. Uji reliabilitas yang digunakan adalah intra-reter dan Expert Jugment. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) dalam aspek mikrostruktural yang ditemukan meliputi aspek gramatikal berupa pengacuan (referensi), penyulihan (subsitusi), dan perangkaian (konjungsi), aspek leksikal berupa repetisi (pengulangan), hiponimi (hubungan atas-bawah), dan hiperonimi (hubungan bawah-atas), unsur sintaksis meliputi kalimat berita (l’assertion), kalimat tanya (l intérrogatif), kalimat perintah (l’impératif), kalimat seru (l’exclamative), dan kalimat negatif (la négation), dan unsur semantik yang meliputi makna denotatif dan makna konotatif. Sedangkan (2) aspek makrostruktural yaitu: aspek model, aspek ikonisitas, aspek ikonisitas logo, dan aspek suara dan gerak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: mikrostruktural, makrostruktural, iklan
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Perancis
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Perancis FBS
Date Deposited: 29 Jun 2015 02:13
Last Modified: 30 Dec 2020 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21829

Actions (login required)

View Item View Item