PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN KALIMAT MENGGUNAKAN METODE MIND MAP BAGI SISWA TUNARUNGU KELAS DASAR IV DI SLB NEGERI 2 BANTUL

Trijayanti, Puput (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN KALIMAT MENGGUNAKAN METODE MIND MAP BAGI SISWA TUNARUNGU KELAS DASAR IV DI SLB NEGERI 2 BANTUL. S1 thesis, FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN.

[img] Text
11103241029_PUPUT TRIJAYANTI.PDF
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk memperbaiki proses peningkatan keterampilan menyusun kalimat menggunakan metode mind map bagi siswa tunarungu kelas dasar IV di SLB Negeri 2 Bantul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan mengadopsi desain penelitian model Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian yaitu 3 siswa tunarungu kelas dasar IV. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukan melalui metode tes untuk mengukur tingkat keterampilan menyusun kalimat subjek, metode observasi untuk mengamati aktivitas siswa, dan metode dokumentasi untuk menghimpun data pelengkap berupa foto dan catatan khusus. Analisis data deskripstif kuantitatif yang dilanjutkan dengan teknik komparatif, yaitu membandingkan hasil pre test dan post test. Hasil siklus I yang dicapai subjek belum mampu memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan. Subjek AC telah memenuhi KKM, sementara subjek VK dan YN belum. Tindakan pada siklus II diberikan dengan memperhatikan hasil refleksi siklus I. Modifikasi yang diterapkan pada siklus II yaitu lebih mengintensifkan kegiatan diskusi dan tanya jawab. Subjek VK dan YN diberikan perhatian dan bantuan yang lebih banyak. Setelah pelaksanaan siklus II, seluruh subjek telah mampu memenuhi KKM yang ditetapkan, yaitu sebesar 70. Subjek VK memperoleh nilai 77 termasuk kriteria baik. Subjek AC memperoleh nilai 94 termasuk kriteria sangat baik. Subjek YN memperoleh nilai 83 termasuk kriteria baik. Peningkatan nilai tes didukung oleh kualitas aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran yang juga semakin meningkat dari setiap pertemuan. Subjek semakin berani dan percaya diri dalam mengaktualisasikan dirinya. Jadi, dapat disimpulkan bahwa keterampilan menyusun kalimat dapat ditingkatkan menggunakan metode mind map bagi siswa tunarungu kelas dasar IV di SLB Negeri 2 Bantul.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 29 Jun 2015 08:05
Last Modified: 30 Jan 2019 00:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21827

Actions (login required)

View Item View Item