PROSES LAYANAN FISIOTERAPI BAGI ANAK TUNADAKSA DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 BANTUL

Umami, Risa (2015) PROSES LAYANAN FISIOTERAPI BAGI ANAK TUNADAKSA DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 BANTUL. S1 thesis, FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN.

[img] Text
11103241025_RISA UMAMI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) pelaksanaan fisioterapi di SLB Negeri 1 Bantul, 2) kendala yang dihadapi fisioterapis dalam melaksanakan fisioterapi, 3) upaya fisioterapis dalam mengatasi kendala yang dihadapi dalam melaksanakan fisioterapi, 4) peran guru dalam layanan fisioterapi di SLB Negeri 1 Bantul. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian yaitu fisioterapis, guru dan anak tunadaksa di SLB Negeri 1 Bantul. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan pedoman wawancara, pedoman observasi dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dengan memperpanjang waktu tinggal/keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi (sumber dan metode). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh: 1). prosedur pelaksanaan layanan fisioterapi belum dilaksanakan secara maksimal, 2). fisioterapis menghadapi berbagai kendala dalam melaksanakan layanan fisioterapi baik yang berasal dari fisioterapis sendiri, anak maupun lingkungan, 3). beberapa upaya dilakukan oleh fisioterapis untuk mengatasi kendala yaitu berdiskusi dengan fisioterapis ahli dan dokter, bekerja sama dengan wali murid, memberi saran kepada orang tua, porsi pemijatan dikurangi. dengan sedikit paksaan, melakukan penyinaran lebih lama, bersikap hati-hati dan orangtua diminta untuk terbuka dan jujur, 4). guru sudah berperan dalam layanan fisioterapi tetapi belum maksimal. Selain itu, hasil penelitian menunjukan layanan fisioterapi di SLB Negeri 1 Bantul dapat memperbaiki kondisi fisik anak tunadaksa dan memberi pengaruh pada pembelajaran di dalam kelas. Namun, layanan fisioterapi di SLB Negeri 1 Bantul belum diberikan secara ideal sehingga masih perlu diperbaiki.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 29 Jun 2015 08:05
Last Modified: 30 Jan 2019 00:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21823

Actions (login required)

View Item View Item