PENGARUH SENAM OTAK ARM ACTIVATION (MENGAKTIFKAN TANGAN) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA ANAK AUTISTIK KELAS VI DI SEKOLAH LUAR BIASA AUTISMA DIAN AMANAH YOGYAKARTA

Aristiyani, Cynthia (2015) PENGARUH SENAM OTAK ARM ACTIVATION (MENGAKTIFKAN TANGAN) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA ANAK AUTISTIK KELAS VI DI SEKOLAH LUAR BIASA AUTISMA DIAN AMANAH YOGYAKARTA. S1 thesis, FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN.

[img] Text
11103241017_CYNTHIA ARISTIYANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh senam otak arm activation terhadap kemampuan menulis permulaan anak autistik di SLB Autisma Dian Amanah Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan adalah A-B-A. Subyek penelitian yaitu seorang anak autistik kelas VI. Pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes dan panduan observasi yang digunakan selama fase intervensi. Analisis data yang digunakan adalah analisis dalam kondisi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan ditampilkan dengan bentuk tabel serta grafik. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa pada kemampuan menulis permulaan subyek terdapat adanya pengurangan terhadap frekuensi kesalahan dalam mengerjakan soal fase baseline-1 (A), intervensi (B), dan baseline-2 (A’). Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan senam otak arm activation dapat berpengaruh terhadap kemampuan menulis permulaan anak autistik. Pengaruh yang diberikan terhadap kemampuan menulis permulaan tersebut ditunjukkan dengan menurunnya frekuensi pada fase intervensi dan baseline-2 serta didukung dengan presentase overlap yang rendah yaitu 0%. Perubahan level yang terjadi pada perbandingan kondisi intervensi dengan baseline-2 (A’/B) untuk kemampuan menebalkan yaitu (+2) dan kemampuan menyalin yaitu (+6).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 29 Jun 2015 08:05
Last Modified: 30 Jan 2019 00:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21811

Actions (login required)

View Item View Item