PENGGUNAAN METODE LATIHAN (DRILL) PADA PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN DIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPAKAIAN ANAK CEREBRAL PALSY KELAS V DI SLB NEGERI 1 BANTUL YOGYAKARTA

Nurdiana, Rijal (2015) PENGGUNAAN METODE LATIHAN (DRILL) PADA PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN DIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPAKAIAN ANAK CEREBRAL PALSY KELAS V DI SLB NEGERI 1 BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN.

[img] Text
11103241016_RIJAL NURDIANA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengembangan diri berpakaian melalui penggunaan metode latihan (drill) pada anak cerebral palsy kelas V di SLB Negeri 1 Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan desain penelitian Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus.Subjek penelitian terdiri dari tiga orang anak cerebral palsy kelas V di SLB Negeri 1 Bantul Yogyakarta.Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan berpakaian, observasi, dan dokumentasi sebagai data pelengkap.Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode latihan (drill) dapat meningkatkan kemampuan berpakaian anak cerebral palsy kelas V di SLB Negeri 1 Bantul Yogyakarta.Ketiga subjek antusias dan bersemangat mengikuti pembelajaran pengembangan diri berpakaian. Subjek selalu memperhatikan dan mengikuti instruksi guru untuk latihan memakai pakaian secara bertahap dan berulang-ulang sehingga kemampuan pengembangan diri berpakaian subjek menjadi meningkat. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya hasil tes kemampuan berpakaian yang telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal yaitu 60%. Peningkatan kemampuan pengembangan diri berpakaian anak cerebral palsy dapat dilihat dari persentase pencapaian yang diperoleh pada kemampuan pra tindakan (pre-test), post-test siklus I, dan post-test siklus II. Subjek AM pada kemampuan pra tindakan (pre-test) persentase pencapaian 53%, meningkat menjadi 67% pada post-test siklus I, meningkat lagi menjadi 75% pada post-test siklus II. Subjek DP pada kemampuan pra tindakan (pre-test) persentase pencapaian 45%, meningkat menjadi 63% pada post-test siklus I, meningkat lagi menjadi 73% pada post-test siklus II. Subjek MF pada kemampuan pra tindakan (pre-test) persentase pencapaian 43%, meningkat menjadi 55% pada post-test siklus I, meningkat lagi menjadi 65% pada post-test siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 29 Jun 2015 08:05
Last Modified: 30 Jan 2019 00:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21807

Actions (login required)

View Item View Item