PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MEDIA KORAN PADA ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR V DI SEKOLAH LUAR BIASA B KARNNAMANOHARA

Wijayanti, Ratna Putri (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MEDIA KORAN PADA ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR V DI SEKOLAH LUAR BIASA B KARNNAMANOHARA. S1 thesis, FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN.

[img] Text
11103241008_RATNA PUTRI WIJAYANTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan media koran pada anak tunarungu kelas dasar V di SLB B Karnnamanohara dan apakah penggunaan media koran pada anak tunarungu kelas dasar V di SLB B Karnnamanohara dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat tahapan yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan pada dua siklus. Subjek penelitian yaitu siswa tunarungu kelas dasar V di SLB B Karnnamanohara yang berjumlah lima siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan membaca pemahaman, observasi, dan wawancara sebagai pelengkap data penelitian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media koran dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada anak tunarungu kelas dasar V di SLB B Karnnamanohara. Kelima subjek cukup bersemangat dan aktif bertanya kepada guru saat pembelajaran membaca pemahaman. Subjek dan guru melakukan diskusi tanya jawab tentang isi dari bacaan koran, guru memancing anak dengan pertanyaan-pertanyaan tentang isi bacaan, sehingga anak mampu memahami tentang pokok-pokok penting dari isi bacaan. Hal ini terbukti dengan meningkatnya hasil tes membaca pemahaman yang telah memenuhi KKM yaitu 65. Peningkatan kemampuan membaca pemahaman dapat dilihat dari persentase pencapaian hasil tes kemampuan awal, hasil tes pasca-tindakan siklus I dan pascatindakan siklus II. Perolehan hasil tes kemampuan membaca pemahaman meningkat dari sebelum tindakan dan pasca-tindakan. Hasil tes kemampuan awal menunjukkan bahwa kelima subjek mendapatkan nilai di bawah 65. Tindakan yang dilakukan dalam siklus I, kelima subjek mengalami peningkatan hasil belajar, namun dua subjek yaitu AL dan IB masih belum memenuhi KKM yaitu 65. Pada siklus II, hasil belajar kelima subjek menunjukkan adanya peningkatan dan telah memenuhi KKM yang ditentukan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 29 Jun 2015 08:03
Last Modified: 30 Jan 2019 00:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21801

Actions (login required)

View Item View Item