PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUSUN STRUKTUR KALIMAT MELALUI MODEL QUANTUM LEARNING PADA SISWA TUNARUNGU KELAS VI SEKOLAH LUAR BIASA WIYATA DHARMA 1 SLEMAN YOGYAKARTA

Millaty, Nida (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUSUN STRUKTUR KALIMAT MELALUI MODEL QUANTUM LEARNING PADA SISWA TUNARUNGU KELAS VI SEKOLAH LUAR BIASA WIYATA DHARMA 1 SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN.

[img] Text
10103244041_NIDA MILLATY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan kemampuan menyusun struktur kalimat melalui model quantum learning pada siswa tunarungu kelas VI SLB Wiyata Dharma 1 Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan berpedoman pada desain penelitian Kemmis dan Taggart. Subyek penelitian yaitu dua siswa tunarungu kelas VI SLB Wiyata Dharma 1 Sleman Yogyakarta Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan yakni deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model quantum learning dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran menyusun struktur kalimat pada siswa tunarungu kelas VI SLB Wiyata Dharma 1 Sleman Yogyakarta. Peningkatan proses dibuktikan dengan meningkatnya skor aktivitas siswa. Skor rata-rata aktivitas ARW sebesar 47,33 pada siklus I dan 60,67 pada siklus II. Skor rata-rata aktivtas SDF pada siklus I 44 dan 59 pada siklus II. Peningkatan kemampuan menyusun struktur kalimat siswa tunarungu kelas VI SLB Wiyata Dharma 1 Sleman Yogyakarta dibuktikan pada siklus I, yaitu ARW kemampuan awal 52,78% menjadi 83,33%, SDF kemampuan awal 52,78% menjadi 69,46%. Peningkatan tersebut diperoleh dengan memfokuskan pembelajaran pada materi S,P,O,K menggunakan prinsip TANDUR. Berdasarkan hasil refleksi siklus I, setiap subyek mengalami peningkatan untuk menyebutkan S,P,O,K pada suatu kalimat serta dapat menyusun struktur kalimat sederhana meskipun belum sempurna. Peningkatan pada siklus II yaitu ARW siklus I 83,33% menjadi 91,67%, SDF siklus I 69,46% menjadi 86,11%. Peningkatan tersebut diperoleh dengan menerapkan kegiatan pembelajaran yang sama halnya dengan siklus I ditambah memberikan pendampingan individual serta memberikan cara yang lebih mudah dalam menyusun struktur kalimat. Peningkatan kemampuan menyusun struktur kalimat dapat dilihat pada kemampuan subyek dalam menyebutkan S,P,O,K serta kemampuan subyek dalam menyusun struktur kalimat lebih baik dibandingkan pada siklus I. Hasil siklus II memenuhi indikator keberhasilan sebesar 75%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 29 Jun 2015 08:03
Last Modified: 30 Jan 2019 00:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21798

Actions (login required)

View Item View Item