EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PICTOGRAPH SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI NON VERBAL ANAK AUTISTIK TIPE RINGAN KELAS TKLB DI SLB DHARMA RENA RING PUTRA II YOGYAKARTA

Kurniawati, Hanifah (2015) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PICTOGRAPH SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI NON VERBAL ANAK AUTISTIK TIPE RINGAN KELAS TKLB DI SLB DHARMA RENA RING PUTRA II YOGYAKARTA. S1 thesis, FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN.

[img] Text
10103244038_HANIFAH KURNIAWATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan pictograph sebagai media komunikasi non verbal yang efektif bagi anak autistik tipe ringan kelas TKLB di SLB Dharma Rena Ring Putra II Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakandesain penelitian subjek tunggal atau Single Subject Research (SSR), desain penelitian ini menggunakan desain A-B-A.Desain subjek tunggal merupakan penelitian yang pengolahan datanya dipergunakan untuk menyelidiki perilaku, dalam hal ini efektivitas penggunaan pictograph sebagai media komunikasi non verbal anak autistik tipe ringan. Subjek penelitian berjumlah satu anak, merupakan anak autistik ringan kelas TKLB, yakni Tiko (samaran) dan keterbatasan anak dalam bidang komunikasi verbal, dapat dibantu menggunakan media yang sederhana yaitu media pictograph.Pengumpulan data melalui pengukuran kemampuan keterampilan komunikasi non verbal anak autistik tipe ringan menggunakan tes perbuatan yang berkaitan dengan aktivitas sehari-hari di sekolah.Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan tes perbuatan dan observasi.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif, data yang diperoleh dihitung dan dianalisis melalui kuantitatif dan ditampilkan dalam bentuk grafik. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkanperubahan ke arah yang lebih baik. Hasil perubahan data poin kemampuan keterampilan kemandirian komunikasi non verbal padasesi terakhir pada kondisi baseline 1 (A) yaitu 57,5% dan data poin sesi pertama pada kondisi intervensi (B) yakni 72,5%diperoleh kenaikan sebesar 15%. Data poin sesi pertama pada kondisi baseline 2(A2) sesi terakhir 97,5% dan data poin sesi pertama pada kondisi intervensi (B) 72,5% diperoleh kenaikan sebesar 25%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pictographefektif yang ditandai dengan proses keterampilan komunikasi non verbal sebagaimedia komunikasi non verbal anak autistik tipe ringan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 29 Jun 2015 08:03
Last Modified: 30 Jan 2019 00:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21794

Actions (login required)

View Item View Item