PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA ANAK TUNARUNGU KELAS V DI SEKOLAH LUAR BIASA WIYATA DHARMA 4 GODEAN

Arum, Ngesti Winahyu (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA ANAK TUNARUNGU KELAS V DI SEKOLAH LUAR BIASA WIYATA DHARMA 4 GODEAN. S1 thesis, FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN.

[img] Text
10103241028_NGESTI WINAHYU ARUM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis kalimat melalui pendekatan kontekstual bagi anak tunarungu kelas V di SLB Wiyata Dharma 4 Godean. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian model Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian adalah anak tunarungu kelas V yang berjumlah 3 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes keterampilan menulis, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Penyajian data hasil tes dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan menulis kalimat melalui pendekatan kontekstual mengalami peningkatan.Tindakan yang diberikan pada siklus I, meliputi: memahami pola dasar kalimat, menyusun kata menjadi kalimat dan menulis kalimat tunggal. Peningkatan terlihat dari hasil pada siklus I meliputi: post test siklus I keterampilan menulis kalimat didapatkan data yaitu subjek AU dari nilai pre test 55 (kriteria kurang) menjadi 62,50 (kriteria cukup). Subjek RY dari nilai pre test 57,50 (kriteria kurang) menjadi 67,50 (kriteria cukup). Subjek TB dari nilai pre test 60 (kriteria cukup) menjadi 75 (kriteria cukup). Setelah diberikan tindakan pada siklus I mengalami peningkatan dibandingkan dengan pre test, namun peningkatan tersebut belum optimal sehingga dilakukan tindakan siklus II untuk memperbaiki tindakan siklus I. Tindakan pada siklus II diberikan dengan memperhatikan hasil refleksi siklus I. Tindakan yang diberikan pada siklus II, meliputi: memahami pola dasar kalimat dan menyusun kalimat sesuai pola dasar kalimat menggunakan media kartu kata dan gambar. Hasil evaluasi siklus II masing-masing siswa menunjukkan peningkatan, yaitu subjek AU memperoleh nilai 75 kriteria cukup, subjek RY memperoleh nilai 82,50 kriteria baik, dan subjek TB memperoleh nilai 85 kriteria sangat baik.Hasil evaluasi tindakan siklus II menunjukkan nilai masing-masing siswa melebihi kriteria ketuntasan minimal sebesar 65 yang sebelumnya telah ditentukan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pendekatan kontekstual dapat digunakan untuk membantu meningkatkan keterampilan menulis kalimat bagi anak tunarungu kelas V di SLB Wiyata Dharma 4 Godean.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 29 Jun 2015 08:03
Last Modified: 30 Jan 2019 00:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21791

Actions (login required)

View Item View Item