ANALISIS BUTIR SOAL DENGAN CLASSICAL MEASUREMENT THEORY PADA UJIAN SEKOLAH BAHASA PRANCIS SMA NEGERI 2 MAGELANG TAHUN AJARAN 2011/2012

Ratri, Kartika Cahyaning (2013) ANALISIS BUTIR SOAL DENGAN CLASSICAL MEASUREMENT THEORY PADA UJIAN SEKOLAH BAHASA PRANCIS SMA NEGERI 2 MAGELANG TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
Kartika Cahyaning Ratri 08204244004.pdf

Download (35MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, indeks kesulitan, indeks daya beda, dan keefektifan pengecoh butir soal ujian sekolah bahasa Prancis SMA Negeri 2 Magelang tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar telaah butir soal yang digunakan untuk mengetahui validitas isi soal yang selanjutnya dilakukan expert judgement. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi berupa soal, jawaban, dan hasil telaah soal ujian sekolah bahasa Prancis SMA N 2 Magelang tahun ajaran 2011/2012. Teknik analisis data untuk mengetahui validitas soal yaitu menggunakan validitas isi yang dilakukan dengan lembar telaah butir soal, untuk mengetahui reliabilitas soal yaitu menggunakan reliabilitas Alpha Cronbach yang dihitung melalui program Iteman versi 3.00, dan untuk mengetahui indeks kesukararan, indeks daya beda, serta keefektifan pengecoh dihitung menggunakan program Iteman versi 3.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas soal ujian sekolah bahasa Prancis SMA Negeri 2 Magelang tahun ajaran 2011/2012 terbilang sedang. Hal ini dapat dilihat melalui persentase yang diperoleh dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa. Aspek materi soal pilihan ganda yang baik berjumlah 0%, aspek bahasa yang baik berjumlah 78%, dan aspek konstruksi yang baik berjumlah 78%. Aspek materi soal esai yang baik berjumlah 0%, aspek bahasa yang baik berjumlah 0%, dan aspek konstruksi yang baik berjumlah 78%. Reliabilitas soal pilihan ganda A sebesar 0,663 dan esai sebesar 0,537. Reliabilitas soal pilihan ganda B sebesar 0,733 dan esai sebesar 0,487. Indeks kesukaran yang baik soal pilihan ganda A sebanyak 19 butir dan esai semuanya (5 butir) baik. Indeks kesukaran yang baik soal pilihan ganda B sebanyak 23 butir dan esai semuanya (5 butir) baik. Sementara itu, indeks daya beda yang baik soal pilihan ganda A sebanyak 22 butir dan esai semuanya (5 butir) baik. Indeks daya beda yang baik soal pilihan ganda B sebanyak 28 butir dan esai semuanya (5 butir) baik. Soal pilihan ganda A yang mempunyai distraktor baik sebanyak 30 butir soal, sedangkan pilihan ganda B sebanyak 32 butir soal. Jadi, soal ujian sekolah bahasa Prancis SMA Negeri 2 Magelang tahun ajaran 2011/2012 kode A tidak ada yang berkategori baik. 2 butir (4%) soal A berkategori kurang baik, 48 butir (96%) berkategori tidak baik. Soal kode B juga tidak ada yang dinyatakan baik, 9 butir (18%) berkategori kurang baik, sedangkan 41 butir (82%) lainnya berkategori tidak baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: butir soal, classical measurement theory, ujian sekolah
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Perancis
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Perancis FBS
Date Deposited: 29 Jun 2015 01:39
Last Modified: 30 Dec 2020 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21790

Actions (login required)

View Item View Item