EFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN DRESS UP DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA PRANCIS PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 KLATEN

Arselia, Devi Ayu (2013) EFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN DRESS UP DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA PRANCIS PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 KLATEN. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
Devi Ayu Arselia 08204244010.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar keterampilan berbicara bahasa Prancis antara siswa yang diajar dengan menggunakan media permainan dress up dan siswa yang diajar dengan menggunakan media konvensional, (2) efektivitas penggunaan media permainan dress up dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Prancis. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Desain penelitian ini adalah pre-test and post-test group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Klaten. Sampel diambil menggunakan simple random sampling. Kelompok terdiri dari 2 kelas yakni XI-IPA-5 sebagai kelompok eksperimen sebanyak 30 siswa dan XI-IPA-3 sebagai kelompok kontrol sebanyak 30 siswa. Data penelitian diambil menggunakan tes yakni tes berbicara. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi dan validitas konstruk. Reliabilitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah reliabilitas alpha cronbach. Sedangkan data penelitian dianalisis menggunakan uji-t dan gain score. Hasil penelitian ini menghasilkan (1) nilai thitung > ttabel yaitu 5,222 > 2,001 dengan df = 58 pada taraf signifikansi 5%, hasil pehitungan tersebut menunjukkan adanya perbedaan prestasi belajar keterampilan berbicara bahasa Prancis siswa antara kelas yang diajar dengan menggunakan media permainan dress up dan yang diajar dengan menggunakan media konvensional, (2) perhitungan nilai rerata gain score, kelas eksperimen mempunyai rerata gainscore sebesar 0,41 yang lebih besar daripada rerata gain score kelas kontrol sebesar 0,23. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media permainan dress up lebih efektif daripada menggunakan media konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: dress up, berbicara bahasa prancis
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Perancis
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Perancis FBS
Date Deposited: 29 Jun 2015 01:19
Last Modified: 30 Dec 2020 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21781

Actions (login required)

View Item View Item