EFEKTIVITAS TEKNIK PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA PRANCIS SISWA KELAS XI SMA N 3 PURWOREJO

Khayatun, Amiroh Nur (2013) EFEKTIVITAS TEKNIK PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA PRANCIS SISWA KELAS XI SMA N 3 PURWOREJO. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
Amiroh Nur Khayatun 09204241011.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar keterampilan berbicara bahasa Prancis antara peserta didik kelas XI SMA N 3 Purworejo yang diajar dengan menggunakan teknik permainan ular tangga dan teknik konvensional. (2) mengetahui efektivitas penggunaan teknik permainan ular tangga pada pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Prancis peserta didik kelas XI SMA N 3 Purworejo. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Data diperoleh melalui skor keterampilan berbicara Bahasa Prancis pada pre-test dan post-test. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi variabel bebas yaitu teknik permainan ular tangga, dan variabel terikat yaitu prestasi berbicara Bahasa prancis. Populasi dalam peneliian ini adalah peserta didik kelas XI SMA N 3 Purworejo yang terdiri dari 219 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Simple Random Sampling dan diperoleh kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol (32 peserta didik) dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen (31 peserta didik). Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi dan validitas konstruk. Sedangkan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai thitung sebesar 3,053 dengan db 61 yang kemudian dikonsultasikan dengan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 2,000 yang berarti nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang positif dan signifikan antara keterampilan berbicara Bahasa Prancis peserta didik yang diajar mengunakan teknik permainan ular tangga dan dengan menggunakan teknik konvensional. Peningkatan nilai keterampilan berbicara kelas eksperimen sebesar 1,52, sedangkan kelas kontrol hanya sebesar 0,39. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik permainan ular tangga lebih efektif daripada teknik konvensional pada pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Prancis.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: berbicara bahasa prancis, permainan ular tangga
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Perancis
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Perancis FBS
Date Deposited: 29 Jun 2015 01:05
Last Modified: 30 Dec 2020 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21774

Actions (login required)

View Item View Item