KONTRIBUSI BURUH BATU BATA PEREMPUAN DALAM KEHIDUPAN EKONOMI KELUARGA (Studi Kasus di Dusun Somoketro III, Desa Somoketro, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang)

EVIANA, . (2014) KONTRIBUSI BURUH BATU BATA PEREMPUAN DALAM KEHIDUPAN EKONOMI KELUARGA (Studi Kasus di Dusun Somoketro III, Desa Somoketro, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
Halaman Deeeeeepan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN,.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DOKUMENTASI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
TRANSKRIP WAWANCARA YANG TELAH DIREDUKSI.pdf

Download (398kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari banyaknya perempuan yang memilih bekerja di ranah publik telah memberikan inspirasi bagi peneliti betapa besarnya perjuangan para perempuan demi membantu ekonomi keluarga. Fokus pada penelitian ini adalah buruh batu bata perempuan yang ada di Dusun Somoketro III, di mana umumnya warga Dusun Somoketro III, Desa Somoketro, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang memanfaatkan dan mencari nafkah untuk keluarganya dari bekerja sebagai buruh batu bata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang melatarbelakangi para perempuan di Dusun Somoketro III bekerja sebagai buruh batu bata, dan bagaimana kontribusi buruh batu bata perempuan dalam kehidupan ekonomi keluarga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Teknik pengumpulan data dilakukan secara langsung melalui observasi dan wawancara. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling terhadap buruh batu bata perempuan Dusun Somoketro III. Pengujian terhadap keabsahan data, dilakukan dengan teknik triangulasi data, sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Interaktif Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang melatarbelakangi perempuan bekerja sebagai buruh batu bata meliputi: a) faktor ekonomi, mereka bekerja untuk mendapatkan penghasilan sendiri dan memenuhi kebutuhan keluarga, b) faktor pendidikan yang rendah karena mayoritas warga Dusun Somoketro III hanya mengenyam pendidikan sampai SD, c) Faktor Lingkungan, yaitu lokasi industri batu bata dekat dengan tempat tinggal, d) Faktor sosial, yaitu keinginan perempuan untuk berkumpul dan berinteraksi dengan tetangga. Bentuk Kontribusi yang diberikan buruh batu bata perempuan dalam kehidupan ekonomi keluarga berupa kontribusi uang, pemikiran, dan tenaga. Adapun proses kontribusi yaitu kontribusi di dalam keluarga dan kontribusi di lokasi kerja. Hasil kontribusi tersebut yaitu pendapatan keluarga meningkat yang berdampak pada terpenuhinya kebutuhan sehari-hari, kebutuhan dadakan seperti kondangan dan melayat, dapat menyekolahkan anak-anaknya, dapat membeli sepeda motor, memperbaiki rumah dan sebagian ada yang mampu membeli lahan untuk pembuatan batu bata, sehingga kehidupan ekonomi keluarga meningkat. Kata Kunci: Kontribusi, Buruh Perempuan, Ekonomi Keluarga.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 29 Jun 2015 01:00
Last Modified: 30 Jan 2019 00:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21771

Actions (login required)

View Item View Item