PENINGKATAN KEMAMPUAN BINA DIRI ANAK AUTISTIK MELALUI TEKNIK DISCRETE TRIAL TRAINING DALAM METODE ABA (APPLIED BEHAVIOR ANALYSIS)

Martadi, Husein (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN BINA DIRI ANAK AUTISTIK MELALUI TEKNIK DISCRETE TRIAL TRAINING DALAM METODE ABA (APPLIED BEHAVIOR ANALYSIS). S1 thesis, FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN.

[img] Text
09103244020_HUSEIN MARTADI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan gambaran nyata secara obyektif mengenai teknik DTT (Discrete Trial Training) dalam metode ABA (Applied Behavior Analysis) dalam meningkatkan kemampuan bina diri anak autistik. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis pendekatan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian merupakan anak autistik berjumlah 1 anak. Pengumpulan data menggunakan tes unjuk kerja kemampuan bina diri dan panduan observasi perilaku. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan ditunjukkan dalam bentuk predikat kemampuan bina diri mandi. Setting penelitian mengambil tempat di sebuah rumah yang terletak di jalan dr. Wahidin Sudirohusodo Yogyakarta. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan yang bertahap dan dipecah menjadi bagian terkecil yang dilakukan dengan menggunakan teknik DTT (Discrete Trial Training) dalam metode ABA mampu meningkatkan kemampuan bina diri mandi yang meliputi kemampuan menirukan gerakan-gerakan yang membentuk kegiatan mandi dan kemampuan tentang melakukan gerakan-gerakan mandi secara mandiri.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 28 Jun 2015 21:33
Last Modified: 30 Jan 2019 00:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21730

Actions (login required)

View Item View Item