PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BABA BAGI SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS D II SEKOLAH LUAR BIASA DHARMA RENA RING PUTRA 2 YOGYAKARTA

Tondang, Seti Nevi Arnesta (2015) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BABA BAGI SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS D II SEKOLAH LUAR BIASA DHARMA RENA RING PUTRA 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN.

[img] Text
08103244035_SETI NEVI ARNESTA TONDANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan metode pembelajaran membaca permulaan dengan menggunakan media Baba di kelas Dasar II SLB Dharma Rena Ring Putra 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan dua orang siswa tunagrahita ringan di kelas II Dharma Rena Ring Putra 2 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Data dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persiapan dan pelaksanaan metode membaca permulaan dengan menggunakan media Baba di kelas Dasar II SLB Dharma Rena Ring Putra 2 Yogyakarta dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan tahapan-tahapan yang direncanakan. Guru memiliki kemampuan yang baik dalam menggunakan media Baba melalui persiapan dan metode yang sesuai yakni tanya jawab, demonstrasi dan penugasan. Siswa juga memiliki keterampilan menggunakan media Baba yang baik. Kemampuan membaca permulaan para siswa yang mencakup: pelafalan, intonasi, dan kelancaran tergolong baik. Subjek penelitian baik ALK maupun JLS memiliki kemampuan membaca permulaan yang sangat baik. Hasil observasi, wawancara, dan hasil tes menunjukkan Siswa ALK dalam pelafalan memiliki skor 3, intonasi dan kelancaran skor 4, dengan rata-rata sebesar 91.66. Sementara Siswa JLS dalam pelafalan dan kelancaran memiliki skor 3, intonasi dengan skor 4, dengan rata-rata sebesar 83.33.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 28 Jun 2015 21:33
Last Modified: 30 Jan 2019 00:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21728

Actions (login required)

View Item View Item