KEEFEKTIFAN MEDIA MODEL “BOLA PECAHAN” TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN PADA SISWA TUNANETRA KELAS III DI SEKOLAH LUAR BIASA-A YAKETUNIS YOGYAKARTA

Nurfadillah, Hesvia (2015) KEEFEKTIFAN MEDIA MODEL “BOLA PECAHAN” TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN PADA SISWA TUNANETRA KELAS III DI SEKOLAH LUAR BIASA-A YAKETUNIS YOGYAKARTA. S1 thesis, FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN.

[img] Text
11103241059_HESVIA NURFADILLAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media model “bola pecahan” terhadap kemampuan pemahaman konsep pecahan pada siswa tunanetra kelas III di SLB-A Yaketunis Yogyakarta. Jenis penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan menggunakan one group pretest post-test design. Subjek penelitian terdiri dari tiga orang siswa tunanetra kelas III di SLB-A Yaketunis. Pengumpulan data dilaksanakan dengan tes hasil belajar dan observasi. Analisis data tes hasil belajar dilakukan dengan uji statistik non-paramertik tes wilcoxon serta analisis statistik deskriptif untuk data observasi. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Thitung 0 = Ttabel 0. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa media model “bola pecahan” yang dilengkapi dengan tulisan Braille efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep pecahan pada siswa tunanetra kelas III SLB-A Yaketunis Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga telah memahami konsep pecahan setelah diberikan perlakuan yang ditunjukkan dengan mampu menyebutkan nilai pecahan, membandingkan pecahan berpenyebut sama, serta melakukan penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama dengan menggunakan media model “bola pecahan”. Penggunaan media model “bola pecahan” dilakukan dengan cara siswa meraba tulisan Braille dan irisan “bola pecahan” sambil mendengarkan penjelasan dari guru mengenai materi konsep pecahan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 28 Jun 2015 21:33
Last Modified: 30 Jan 2019 00:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21725

Actions (login required)

View Item View Item