PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PENGUKURAN WAKTU MELALUI MEDIA JAM GANDA PADA SISWA CEREBRAL PALSY KELAS IV DI SLB NEGERI 1 BANTUL

Prastiwi, Eko (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PENGUKURAN WAKTU MELALUI MEDIA JAM GANDA PADA SISWA CEREBRAL PALSY KELAS IV DI SLB NEGERI 1 BANTUL. S1 thesis, FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN.

[img] Text
11103241023_EKO PRASTIWI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika tentang pengukuran waktu melalui media jam ganda pada siswa cerebral palsy kelas IV Sekolah Dasar di SLB Negeri 1 Bantul. Kelebihan media jam ganda terletak pada sifat media yang sesuai dengan karakterisitik dan motorik anak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan desain penelitian Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian siswa cerebral palsy kelas IV yang berjumlah 2 siswa. Penelitian dilakukan selama satu bulan. Pengumpulan data menyangkut tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media jam ganda dapat meningkatkan prestasi belajar matematika tentang pengukuran waktu pada siswa cerebral palsy kelas IV di SLB N 1 Bantul. Hasil peningkatan prestasi belajar matematika tentang pengukuran waktu dapat dilihat dari persentase pencapaian yang diperoleh pada kemampuan pra tindakan (pre-test), post-test siklus I, dan post-test siklus II yang telah mencapai kriteria keberhasilan yang ditetapkan yakni sebesar 80%. Subyek DK pada pra tindakan (pre-test) persentase pencapaian 25%, meningkat menjadi 70% pada post-test siklus I, meningkat lagi menjadi 80% posttest siklus II. Subyek NN pada pra tindakan (pre-test) persentase pencapaian 40%, meningkat menjadi 80% pada post-test siklus I, meningkat lagi menjadi 90% posttest siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 28 Jun 2015 21:33
Last Modified: 30 Jan 2019 00:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21723

Actions (login required)

View Item View Item