PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERDESAAN (PNPM- MPD) DI DESA MERGOLANGU KECAMATAN KALIBAWANG KABUPATEN WONOSOBO

Nipan, Nipan (2014) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERDESAAN (PNPM- MPD) DI DESA MERGOLANGU KECAMATAN KALIBAWANG KABUPATEN WONOSOBO. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
1 HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 BAB II.pdf

Download (15MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 BAB III.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 BAB IV.pdf

Download (17MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 BAB V + DAPUS.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 lampiran.pdf

Download (595kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami partisipasi masyarakat dan dinamika level partisipasi masyarakat dalam Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd) di Desa Mergolangu Kecamatan Kalibawang Kabupaten Wonosobo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer berupa hasil wawancara dengan informan penelitian dan hasil observasi yang dilakukan oleh penelit i. Data sekunder berupa laporan dan dokumen-dokumen resmi. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri yang dalam pelaksanaannya menggunakan alat bantu berupa pedoman wawancara dan pedoman observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Subjek penelitian adalah stakeholder dan masyarakat yang memilki informasi tentang PNPM Mandiri Perdesaan di Desa Mergolangu. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interakt if, yaitu proses analisis dengan menggunakan tiga komponen yang terdiri dari reduksi data, display data, dan verifikasi. Hasil penelit ian menunjukan bahwa Partisipasi Masyarakat dalam Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri perdesaan di Desa Mergolangu Kecamatan Kalibawang Kabupaten Wonosobo masih rendah. Hal tersebut dikarenakan peran masyarakat dalam setiap tahap pelaksanaan program sangat kurang. Bahkan dapat dipastiakan partisipasi masyarakat secara aktif hanya dalam proses pelaksanaan, itupun hanya sebagai pelaksana proyek. Sedangkan tingkat partisipasi masyarakat dalam Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan di Desa Mergolangu Kecamatan Kalibawang Kabupaten Wonosobo berada di level Manipulasi (Manipulation) atau setara dengan tingkat partisipasi yang paling rendah. Dari awal adanya program tersebut tidak ada perubahan level partisipasi masyarakat yaitu sebagai pelaksana proyek.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: Admin Administrasi Negara FIS
Date Deposited: 28 Jun 2015 21:33
Last Modified: 30 Jan 2019 00:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21715

Actions (login required)

View Item View Item