Efektivitas Penggunaan Metode Inquiry Berbantuan Media Robot KRPAI Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sensor dan Aktuator di SMK Negeri 2 Pengasih

Yardi, Nofa (2015) Efektivitas Penggunaan Metode Inquiry Berbantuan Media Robot KRPAI Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sensor dan Aktuator di SMK Negeri 2 Pengasih. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Yardi Nofa 10518241040.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Efektivitas Penggunaan Metode Inquiry Berbantuan Media Robot KRPAI Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sensor dan Aktuator di SMK Negeri 2 Pengasih Oleh: Yardi Nofa NIM. 10518241040 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) efektivitas pembelajaran inquiry berbantuan media Robot KRPAI ditinjau dari hasil belajar siswa pada aspek kognitif dibandingkan pembelajaran konvensional. (2) efektivitas pembelajaran inquiry berbantuan media Robot KRPAI ditinjau dari hasil belajar siswa pada aspek afektif dibandingkan pembelajaran konvensional (3) efektivitas pembelajaran inquiry berbantuan media Robot KRPAI ditinjau dari hasil belajar siswa pada aspek psikomotorik dibandingkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XI pada Program Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK N 2 Pengasih berjumlah 64 siswa. Kelas XI TELIN 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TELIN 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan instrumen pilihan ganda untuk tes dan lembar observasi untuk nontes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) pembelajaran berbasis inquiry berbantuan media Robot KRPAI lebih efektif ditinjau dari hasil belajar siswa pada aspek kognitif dibandingkan pembelajaran konvensional, kenaikan rerata pretest ke posttest sebesar 16,47, sedangkan yang mengikuti pembelajaran konvensional mengalami kenaikan pretest ke posttest sebesar 6,54, hasil uji t thitung > ttabel (2,301 > 2,000); (2) pembelajaran berbasis inquiry berbantuan media Robot KRPAI lebih efektif ditinjau dari hasil belajar siswa pada aspek afektif dibandingkan pembelajaran konvensional, rerata poin afektif kelas eksperimen 79,96 sedangkan kelas kontrol sebesar 71,66 hasil uji t thitung > ttabel (3,862 > 2,000) ;(3) pembelajaran berbasis inquiry berbantuan media Robot KRPAI lebih efektif ditinjau dari hasil belajar siswa pada aspek psikomotorik dibandingkan pembelajaran konvensional, skor siswa kelas eksperimen 77,21, sedangkan kelas kontrol sebesar 70,99 hasil uji t thitung > ttabel (2,975 > 2,000). Kata kunci : sensor dan aktuator, inquiry, robot KRPAI.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 26 Jun 2015 02:56
Last Modified: 30 Jan 2019 00:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21652

Actions (login required)

View Item View Item