STRATEGI MUSEUM PERJUANGAN KOTA YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN MINAT PENGUNJUNG

Risma, Ambari (2014) STRATEGI MUSEUM PERJUANGAN KOTA YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN MINAT PENGUNJUNG. S1 thesis, uny.

[img]
Preview
Text
halaman depan.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DOKUMENTASI.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
JADWAL PIKET HARIAN PETUGAS TEKNIS MUSEUM PERJUANGAN.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PEDOMAN WAWANCARA.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Peraturan-Pemerintah-tahun-1995-019-95.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Surat Penelitian, Struktur organisasi dan Rencana Strategis.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ringkasan skripsi.pdf

Download (150kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam strategi yang dilakukan Museum Perjuangan untuk menarik minat wisatawan agar berkunjung ke museum dan faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan strategi tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu Kepala kelompok kerja Museum Benteng Vredeburg sebagai pengelola Museum Perjuangan, Koordinator Museum Perjuangan, dan wisatawan yang berkunjung ke Museum Perjuangan.Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Museum Perjuangan mempunyai beberapa strategi untuk menarik minat pengunjung, yaitu: (a)promosi lewat media masa, (b)Field Study, (c)Travel Dialog, (d) kemah budaya, (e)Museum Masuk Sekolah, (f) Lomba untuk anak sekolah, (g) pameran keliling, (h)pameran temporer, (i) piket harian petugas teknis, (j) penambahan fasilitas penunjang dan (k) Museum Perjuangan Expo, (2) faktor pendukung dan penghambat strategi meliputi: Strengths: (a) Anggaran berasal dari APBN, (b) Tiket masuk relatif murah dan terjangkau semua kalangan masyarakat, (c) Merupakan museum yang memiliki koleksi tentang perjuangan, (d) Berpotensi sebagai tempat untuk penelitian dan wisata edukatif, (e) Mempunyai program-program kegiatan yang melibatkan masyarakat umum. (f) Budaya organisasi. Weaknesess: (a) Lokasi yang tidak strategis, (b)Pengelolaan dibawah Museum Benteng Vredeburg, (c) Kurangnya fasilitas yang ditawarkan, (d) SDM yang kurang, (e) Status tanah masih dimiliki oleh Kesultanan. Opportunities: (a) Kemajuan IPTEK, (b) Kondisi adat dan istiadat masyarakat yang sopan santun dan ramah, (c) Kondisi sosial ekonomi yang didukung oleh penghasilan yang baik. Threats: (a)Kondisi sosial budaya masyarakat yang menilai wisata museum tidak menarik, (b) Banyak objek wisata yang lebih menarik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Administrasi Publik
Depositing User: Admin Administrasi Negara FIS
Date Deposited: 28 Jun 2015 21:33
Last Modified: 30 Jan 2019 00:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21637

Actions (login required)

View Item View Item