IMPLEMENTASI METODE LEARNING CONTRACT (KONTRAK BELAJAR) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X2 SMAN 1 LEDO KECAMATAN LEDO KABUPATEN BENGKAYANG KALIMANTAN BARAT TAHUN AJARAN 2012/2013

Marsel, Agustio (2013) IMPLEMENTASI METODE LEARNING CONTRACT (KONTRAK BELAJAR) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X2 SMAN 1 LEDO KECAMATAN LEDO KABUPATEN BENGKAYANG KALIMANTAN BARAT TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (769kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover Lampiran.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran sejarah yang konvensional menyebabkan pembelajaran dirasa membosankan dan monoton. Hal ini akan berdampak pada keaktifan siswa dalam belajar menjadi kurang optimal, sehingga prestasi belajar siswa menjadi rendah. Untuk meningkatkan prestasi siswa dalam belajar, maka diperlukan metode pembelajaran yang dapat menarik partispasi siswa agar aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Salah satu cara untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran adalah dengan menerapkan metode pembelajaran Learning Contract. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah dengan penerapan metode pembelajaran Learning Contract. Penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terjadi dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Proses pengambilan data dalam penelitian melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan metode pembelajaran Learning Contract yang kemudian dikolaborasikan dengan media gambar dan tanya jawab dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X2 di SMA Negeri 1 Ledo. Pada pelaksanaan siklus I, hasil Pre-test memiliki rata-rata nilai 58.78 sedangkan hasil Post-test memiliki rata-rata nilai 78.18, terjadi peningkatan prestasi belajar pada siklus I sebesar 19.4. Pada pelaksanaan siklus II, hasil Pre-test memiliki rata-rata nilai 67.43 sedangkan Post-test memiliki rata-rata nilai 91.43, terjadi peningkatan prestasi belajar pada siklus II sebesar 24. Kendala yang terjadi dalam penelitian ini sebagian besar mengenai kurangnya pemahaman siswa mengenai metode pembelajaran Learning Contract di awal pelaksanaan penelitian, keterbatasan waktu dalam penelitian, serta keterbatasan sumber belajar. Keunggulan dalam penerapan metode pembelajaran Learning Contract yaitu mampu meningkatkan prestasi belajar siswa, memberikan cara belajar baru bagi siswa sehingga hasilnya lebih mendalam dan permanen, meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar, serta mengetahui karakteristik belajar siswa. Kelemahan dalam penerapan metode Learning Contract yaitu dalam memahami karakteristik belajar siswa maka perlu dilakukan pengamatan yang lebih spesifik, namun memerlukan waktu yang cukup panjang, metode pembelajaran Learning Contract merupakan metode yang mengarahkan siswa untuk belajar mandiri, tetapi dalam pelaksanaan peran guru dirasa cukup penting dalam membantu siswa menemukan cara belajarnya. Kata kunci : Learning Contract, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 26 Jun 2015 01:16
Last Modified: 30 Jan 2019 00:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21602

Actions (login required)

View Item View Item