ANALISIS KESULITAN GURU SMA DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI BERDASARKAN KURIKULUM 2013 MGMP DI KABUPATEN SLEMAN

Anna Silvina, Muslimah (2015) ANALISIS KESULITAN GURU SMA DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI BERDASARKAN KURIKULUM 2013 MGMP DI KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ANNA SM _11404244018_.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan tingkat kesulitan guru dalam perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran ekonomi berdasarkan Kurikulum 2013 MGMP Ekonomi di Kabupaten Sleman; dan (2) mengetahui dimensi apa yang paling menyulitkan guru dalam pembelajaran ekonomi berdasarkan Kurikulum 2013 MGMP Ekonomi di Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini adalah penelitian populasi dengan subjek penelitian guru-guru yang tergabung dalam MGMP Ekonomi di Kabupaten Sleman, yaitu berjumlah 51 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Uji validitas menggunakan rumus Product Moment dari Pearson dan uji reliabilitas menggunakan model Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik-deskriptif yang kemudian diinterprestasikan kedalam bentuk presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) guru dalam melakukan tahapan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran ekonomi berdasarkan Kurikulum 2013 masuk dalam kategori tidak sulit. Sedangkan dalam melakukan penilaian pembelajaran ekonomi berdasarkan Kurikulum 2013 masuk dalam kategori cukup sulit; (2) dimensi yang paling menyulitkan guru dalam pembelajaran ekonomi berdasarkan Kurikulum 2013 MGMP Ekonomi di Kabupaten Sleman adalah dimensi penilaian otentik; dan (3) guru laki-laki dan guru non PNS lebih sulit dalam melakukan tahapan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran ekonomi Kurikulum 2013. Guru lulusan Perguruan Tinggi Swasta dan guru yang mengimplementasikan Kurikulum 2013 selama satu semester lebih sulit dalam melakukan seluruh tahapan pembelajaran. Sedangkan guru sekolah swasta maupun negeri tidak terlalu berbeda signifikan dalam mempengaruhi tingkat kesulitan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 26 Jun 2015 01:15
Last Modified: 30 Jan 2019 00:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21490

Actions (login required)

View Item View Item