PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DEV-MATCH PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI PENGUMUMAN KELAS IV SD NEGERI 234 BOROREJO SURAKARTA

Satrio, Adrie (2014) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DEV-MATCH PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI PENGUMUMAN KELAS IV SD NEGERI 234 BOROREJO SURAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Andrie Satrio.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan model pembelajaran dev-match pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi pengumuman kelas IV SD N 234 Bororejo Surakarta yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D dengan menggunakan model pengembangan Thiagarajan yang dimodifikasi menjadi tiga langkah pengembangan yaitu: 1) Define, 2) Design, dan 3) Develop. Subjek dalam penelitian ini adalah model dan perangkat pembelajaran, sedangkan objek penelitian ini adalah 1 orang guru beserta 25 orang siswa kelas IV SD N 234 Bororejo Surakarta. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah wawancara, observasi dan angket. Analisis data penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran dev-match pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi pengumuman untuk siswa kelas IV SD N 234 Bororejo dinyatakan valid, praktis dan efektif. Kriteria valid dilihat dari hasil validasi model dengan nilai rata-rata 3,75 untuk isi dan 3,87 untuk konstruk. Kriteria praktis dibuktikan dengan nila rata-rata keterlaksanaan model sebesar 3,76 termasuk kategori tinggi. Kriteria efektif dibuktikan dengan persentase hasil belajar siswa yang memiliki nilai tinggi dan sangat tinggi adalah 76% dari 25 siswa, rata-rata nilai kategori kemampuan guru mengelola pembelajaran adalah 3,98 termasuk dalam kategori tinggi. Respon siswa adalah positif dapat dilihat dari persentase banyak siswa yang menyatakan senang 91,23%, berminat 95%, dan tertarik 92,34% terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 26 Jun 2015 01:11
Last Modified: 30 Jan 2019 00:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21471

Actions (login required)

View Item View Item