PENGEMBANGAN WORKSHEET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK

Prof. Dr. Rusgianto Heri Santoso, - (2011) PENGEMBANGAN WORKSHEET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK. [Experiment/Research]

[img] Text
01_Rusgiyanto.doc

Download (30kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Worksheet pembelajaran matematika SMP berbasis Pendidikan Matematika Realistik. Model yang digunakan dalam pengembangan Worksheet adalah model pengembangan 4-D yaitu meliputi tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Pada pelaksanaannya penelitian ini dilakukan secara berkelanjutan dimulai dari tahun pertama sampai tahun ketiga, pada tahun pertama (tahun awal penelitian) dilaksanakan tiga (3) tahap dari Model 4-D, yaitu: Define, Design, Develop untuk memperoleh hasil penelitian berupa worksheet sebagai perangkat pembelajaran matematika di SMP berbasis Pendidikan Matematika Realisitik yang baik. Selanjutnya terhadap worksheet pembelajaran matematika SMP berbasis Pendidikan Matematika Realistik yang dihasilkan di lakukan validasi, untuk menentukan kecocokannya sesuai persyaratan media pembelajaran yang baik. Validasi pada awal dilaksanakan oleh 30 siswa SMP Negeri 5 dan 5 orang guru senior bidang studi Matematika SMP. Validasi meliputi: validasi worksheet sebagai media, validasi materi yang disajikan, validasi apakah telah mencerminkan Pendidikan Matematika Realistik sebagai basis pengembangan worksheet. Instrumen yang digunakan dikembangkan oleh peneliti berdasarkan kelayakan worksheet sebagai media pembelajaran. Hasil penelitian berupa worksheet pembelajaran Matematika SMP berbasis Pendidikan Matematika Realistik yang dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran matematika di SMP kelas VIII.

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 11 Jul 2012 02:47
Last Modified: 13 Jul 2012 07:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2132

Actions (login required)

View Item View Item