PENERAPAN PEMBELAJARAN TEKNIK INSIDE-OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA SMA N 1 IMOGIRI KELAS XI IPS 2 SEMESTER II TAHUN AJARAN 2011/2012

Panji, Herjuna Putra (2012) PENERAPAN PEMBELAJARAN TEKNIK INSIDE-OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA SMA N 1 IMOGIRI KELAS XI IPS 2 SEMESTER II TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
Skripsi Panji.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sering munculnya kebosanan siswa saat pembelajaran Sejarah yang dikarenakan tidak adanya variasi model pembelajaran yang digunakan oleh guru mata pelajaran. Jika hal ini terus terjadi,maka akan berdampak pada penurunan prestasi belajar Sejarah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah adanya tindakan untuk menerapkan pembelajaran teknik Inside- Outside Circle dalam pembelajaran Sejarah di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Imogiri. Pelaksanaan penelitian penerapan pembelajaran teknik Inside- Outside Circle di SMA Negeri 1 Imogiri selama lebih kurang satu bulan. Selama penelitian penerapan teknik Inside- Outside Circle, peneliti menemukan berbagai kendala, namun kendala-kendala tersebut dapat segera teratasi. Penelitian ini dibagi menjadi tiga Siklus. Tujuannya adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa selama pelaksanaan tindakan. Setiap Siklus terbagi menjadi dua bagian terdiri dari pre-test yang tujuannya untuk mengetahui kemampuan awal siswa, dan post-test yang tujuannya mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah menerapkan teknik Inside- Outside Circle dalam pembelajaran Sejarah. Rata-rata nilai siswa untuk pre-test Siklus I adalah sebesar 64,07. Sedangkan rata-rata nilai post-test Siklus I sebesar 72,51. Terdapat peningkatan prestasi belajar siswa sebesar 8,44 untuk Siklus pertama. Pada Siklus II terdapat penurunan prestasi sebesar 2,27. Nilai rata-rata pre-test sebesar 67,00 turun menjadi 64,73 saat post-test Siklus II. Hal ini dikarenakan adanya kelelahan fisik yang dialami siswa setelah menerapkan pembelajaran teknik Inside- Outside Circle di luar kelas. Sedangkan untuk Siklus III terjadi peningkatan prestasi belajar sebesar 8,26. Kendala-kendalanya antara lain berkaitan dengan faktor cuaca, tempat, dan waktu. Kata kunci: Pembelajaran Teknik Inside- Outside Circle, SMA Negeri 1 Imogiri, pre-test, post-test, peningkatan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 24 Jun 2015 02:02
Last Modified: 29 Jan 2019 23:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21297

Actions (login required)

View Item View Item