EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN JARINGAN DASAR KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN SMK MA’ARIF 1 WATES

Inggrid, Dwi Astuti (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN JARINGAN DASAR KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN SMK MA’ARIF 1 WATES. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
inggrid.pdf

Download (833kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengetahui efektivitas menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran jaringan dasar dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode pembelajaran konvensional pada aspek kognitif, (3) mengetahui perbedaan hasil belajar pada aspek psikomotorik penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan Quasi-Experiment. Subyek penelitian adalah semua siswa kelas X Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan SMK Ma’arif 1 Wates sebanyak 53 siswa. Siswa dibagi dua kelompok, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Desain penelitian menggunakan non-equivalent control group design. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan instrumen non tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan parametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) efektivitas menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning mempunyai rerata skor skor gain sebesar 0,80 termasuk dalam kategori tinggi, sedangkan efektivitas penggunaan metode pembelajaran konvensional memiliki skor gain sebesar 0,64 termasuk dalam kategori sedang, (2) terdapat perbedaan hasil belajar model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode pembelajaran konvensional pada aspek kognitif, (3) terdapat perbedaan hasil belajar model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode pembelajaran konvensional pada aspek psikomotorik. Kata kunci: kognitif, model pembelajaran, Problem Based Learning, psikomotor

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Komputer > Jaringan Komputer
Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Admin Prodi Teknik Mekatronika FT
Date Deposited: 23 Jun 2015 04:38
Last Modified: 29 Jan 2019 23:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21223

Actions (login required)

View Item View Item